FOTO: Qatar Perdana Kampiun Piala Asia

REUTERS, CNN Indonesia | Sabtu, 02/02/2019 13:04 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Qatar untuk kali pertama menjadi juara Asia setelah mengalahkan Timnas Jepang pada final Piala Asia 2019 di Stadion Zayed City, Jumat (1/2) malam.

Timnas Qatar untuk kali pertama tampil dalam final Piala Asia dalam sejarah. Kesebelasan Asia Barat itu menghadapi Timnas Jepang yang sudah empat kali tampil di final dan selalu menjadi juara. (REUTERS/Ahmed Jadallah)
Almoez Ali melepaskan tembakan salto pada menit ke-13 yang berbuah gol perdana Qatar dalam laga final menghadapi Jepang. Ali tercatat sebagai pencetak gol terbanyak pada Piala Asia 2019 dengan 11 gol. (Photo by Giuseppe CACACE / AFP)
Shuichi Gonda tidak mampu menjangkau bola yang disepak Abdulaziz Hatem pada menit ke-27. Gol Hatem membuat Al Annabi memimpin 2-0 dan bertahan hingga turun minum. (REUTERS/Suhaib Salem)
Jepang sempat memperkecil ketertinggalan dari Qatar melalui gol Takumi Minamino pada menit ke-69. (REUTERS/Thaier Al-Sudan’)
Akram Afif mencetak gol pada menit ke-83 dari titik putih. Ini merupakan gol perdana Afif di Piala Asia 2019. Sementara pemain 22 tahun itu tercatat sudah memberi 10 assist selama perhelatan kejuaraan sepak bola antarnegara Asia. (REUTERS/Suhaib Salem)
Hasan Al Haydos merayakan kemenangan Qatar usai wasit Ravshan Irmatov meniup peluit akhir. (REUTERS/Thaier Al-Sudan TPX IMAGES OF THE DAY)
Pemain-pemain Qatar, Bassam Al Rawi, Abdulkarim Al-Ali, dan Mohammed Al Bakri melakukan selebrasi atas kemenangan Qatar pada laga puncak. Dalam sembilan penampilan sebelumnya, Qatar lebih sering terpental pada fase grup. (REUTERS/Suhaib Salem)
Skuat Samurai Biru untuk kali pertama gagal memenangi partai final Piala Asia. Sebelumnya Jepang selalu meraih kemenangan dalam laga final pada 1992, 2000, 2004, dan 2011. (REUTERS/Thaier Al-Sudani)
Para pemain Qatar merayakan kemenangan bersama pelatih Felix Sanchez Bas. (REUTERS/Ahmed Jadallah)
Pemandangan kontras terlihat ketika Hassan Abdelkarim mengibarkan bendera Qatar sementara Takashi Inui terduduk. (REUTERS/Ahmed Jadallah TPX IMAGES OF THE DAY)
Presiden FIFA Gianni Infantino memberi trofi Piala Asia kepada Hasan Al Haydos. (REUTERS/Suhaib Salem)
Kemenangan pada ajang Piala Asia 2019 akan menjadi modal bagi Qatar yang akan menjadi tuan rumah pada perhelatan Piala Dunia 2022. (REUTERS/Suhaib Salem)