Persija Hajar Home United, Riko Simanjuntak Bersinar

CNN Indonesia | Selasa, 05/02/2019 22:07 WIB
Persija Hajar Home United, Riko Simanjuntak Bersinar Riko Simanjuntak bersinar dalam laga lawan Home United. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Persija Jakarta berhasil mengalahkan Home United dengan skor meyakinkan 3-1 dalam putaran pertama kualifikasi Liga Champions Asia, Selasa (5/5). Riko Simanjuntak punya peran besar di balik kemenangan itu.

Persija menang 3-1 atas Home United berkat gol bunuh diri Hoi Wai Loon, Beto Goncalves, dan Marko Simic. Meski tak mencetak gol, Riko punya andil besar karena dua gol terakhir Persija berawal dari umpan manisnya.

Pada saat Home United tengah mendapatkan kepercayaan diri lantaran sukses menyamakan kedudukan di akhir babak pertama, Persija memberikan respons bagus dengan langsung mencetak gol cepat di awal babak kedua.


Riko dengan cepat bergerak di sisi kiri pertahanan Home United. Ia lalu dengan jeli melihat posisi Beto di tiang jauh. Riko lalu mengirim umpan terukur yang bisa diselesaikan dengan mudah oleh sundulan kepala Beto.

Setelah unggul 2-1, Persija terus berusaha bermain terbuka. Penetrasi Riko di sisi kanan seringkali jadi awal serangan Persija.

Tak hanya menyerang, Persija sendiri dihadapkan oleh serbuan-serbuan Home United yang agresif mencari gol penyama kedudukan. Hingga laga memasuki 10 menit terakhir, Home United punya banyak peluang yang berpotensi jadi gol.
Persija lolos ke putaran kedua kualifikasi Liga Champions Asia.Persija lolos ke putaran kedua kualifikasi Liga Champions Asia. (Dok. Persija)
Di tengah kondisi tertekan, Persija akhirnya berhasil mengunci kemenangan lewat gol ketiga yang dicetak Marko Simic. Simic menunjukkan kualitasnya sebagai striker papan atas dengan penyelesaian akhir yang sempurna.

Namun penyelesaian akhir itu tak lepas dari umpan matang Riko. Bila ditarik lebih jauh, sebelum melepaskan umpan, Riko berlari hampir dari tengah lapangan.

Saat serangan cepat Riko terhenti, Riko dikepung dua orang. Total ada tujuh pemain Home United di kotak penalti, sedangkan hanya ada Beto dan Simic yang menanti umpan Riko.

Dalam kondisi tersebut, Riko mampu lolos dari kawalan dan mengirim umpan matang ke arah Simic yang akhirnya berujung pada gol ketiga Persija.


Nama Riko memang mencuat sejak musim lalu. Pergerakannya di sisi kanan sering jadi pemecah kebuntuan Persija. Riko dikenal dengan permainan yang penuh energi, tak kenal lelah, dan punya kecepatan di atas rata-rata yang bisa menyulitkan lini pertahanan lawan. (ptr/ptr)