AAIB Coba Angkat Jenazah di Pesawat Tumpangan Emiliano Sala

CNN Indonesia | Rabu, 06/02/2019 09:01 WIB
AAIB Coba Angkat Jenazah di Pesawat Tumpangan Emiliano Sala Jenazah dalam pesawat yang ditumpangi Emiliano Sala coba diangkat dari dasar laut. (REUTERS/Stephane Mahe)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jenazah yang terdapat dalam pesawat ringan tumpangan striker anyar Cardiff City, Emiliano Sala, coba diangkat oleh Divisi Kecelakaan Udara Britania Raya (AAIB).

Sebelumnya dalam rekaman robot pencarian bawah laut (ROV) sempat terekam sesosok tubuh yang berada di dalam pesawat jenis Piper Malibu. Namun, tidak jelas identitas tubuh tersebut antara Sala atau pilot pesawat David Ibbotson.

Untuk itu, pihak AAIB berupaya melakukan upaya maksimal untuk mengangkat tubuh dalam bangkai pesawat di dasar perairan Selat Inggris itu.


"Kami berupaya mengangkat jenazah. Jika kami sukses, kami akan mempertimbangkan kemungkinan untuk mengangkat bangkai pesawat itu," demikian pernyataan juru bicara AAIB seperti dikutip dari AFP.

Tampak gambar bangkai pesawat yang ditumpangi Emiliano Sala. (Tampak gambar bangkai pesawat yang ditumpangi Emiliano Sala. (Foto: AAIB/ via REUTERS TV)
Pesawat baling-baling Piper Malibu yang membawa Sala dan Ibbotson terjatuh di Selat Inggris pada 21 Januari setelah terbang dari Nantes menuju ke Cardiff City.

Sala sedianya dijadwalkan pada 21 Januari dan bergabung latihan bersama klub barunya tersebut sehari setelah tiba. Namun, pesawat yang ditumpanginya sempat hilang kontak di lepas pantai Pulau Guernsey yang merupakan teritori Inggris.

Pada Minggu (3/2) pihak pencari privat berhasil menemukan lokasi pesawat di dasar perairan Selat Inggris itu. Proses pencarian lebih lanjut dan evakuasi kini berada di bawah kendali AAIB.

Sebenarnya upaya pengangkatan sedianya dilakukan pada Selasa (5/2). Namun lantaran arus laut sangat kencang, upaya itu ditunda.

"Apapun hasilnya, kami tak akan menyampaikan informasi lebih lanjut sampai pihak keluarga diinformasikan," ucap juru bicara AAIB.

[Gambas:Video CNN] (bac/nva)