Tes di Numancia, Osvaldo Klaim Dapat Izin Khusus Indra Sjafri

CNN Indonesia | Kamis, 07/02/2019 19:26 WIB
Tes di Numancia, Osvaldo Klaim Dapat Izin Khusus Indra Sjafri Osvaldo (tengah) dapat izin dari Indra Sjafri untuk tes di Numancia. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Winger Timnas Indonesia U-22, Osvaldo Haay, mendapat izin khusus dari pelatih Indra Sjafri untuk melakoni percobaan di klub kasta kedua Liga Spanyol, CD Numancia.

Osvaldo terbang ke Spanyol berkat bantuan IDSports yang merupakan afiliasi dari Uni Papua sebagai pihak ketiga pemain sayap Persebaya Surabaya itu selama di Spanyol. Meski begitu, IDSports bukan agen resmi pemain asal Papua tersebut.

Alasan IDSports menyetujui mendampingi Osvaldo selama di Spanyol lantaran melihat potensi yang dimiliki pemain 21 tahun itu. Tak hanya kemampuan di sepak bola, tapi juga sosok Osvaldo yang bisa menjadi duta kampanye Uni Papua di bidang sosial dan budaya.


Sementara urusan perizinan dengan klubnya, Persebaya Surabaya dan pelatihnya di Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri, disampaikan langsung Osvaldo dan orang tuanya.

"Sebenarnya coach Indra secara pribadi sangat mendukung setiap anak-anak yang berangkat ke Eropa. Tapi mungkin karena waktu mepet atau bagaimana, Indra Sjafri memberikan izin Valdo secara pribadi," kata Ahmat Maulana, Manajer Operasional IDSports kepada wartawan, Kamis (7/2).

"Jadi coach Indra dan Valdo bicara empat mata. Saya tidak tahu [apa yang dibicarakan] bahkan orang tuanya sendiri juga tidak tahu, yang tahu hanya Valdo dan pelatihnya," Maulana menambahkan.

Maulana menjelaskan awalnya Osvaldo mendapat undangan dari presiden sekaligus pemilik klub Numancia, Moises Israel Garzon.

Osvaldo (kiri) direncanakan tes di Numancia selama 10 hari.Osvaldo (kiri) direncanakan tes di Numancia selama 10 hari. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
Lalu Osvaldo mendatangi IDSports yang berafiliasi dengan Uni Papua. Valdo meminta IDSports untuk mendampinginya selama berkegiatan di Spanyol.

Dalam undangan Numancia tertulis Valdo diminta untuk 10 hari menjalani percobaan. Mantan pemain Persipura Jayapura tersebut berangkat ke Negeri Matador pada Sabtu (2/2). Rencananya Valdo bakal kembali ke Jakarta pada Rabu (13/2).

CEO Uni Papua Harry Widjaja mengungkapkan selain Numancia ada juga klub dari divisi tiga dan empat Spanyol. Hanya saja Osvaldo lebih memilih Numancia yang kini bermain di divisi kedua.

"Ini realistis buat Osvaldo berada di divisi dua. Kalau yang di divisi satu, klub besar seperti Barcelona dan Real Madrid tidak tertarik dengan pemain kita. Prestasi dia di Persebaya bagus dan Persebaya mendukung. Kalau dia diterima [di Numancia] itu rezeki dia," ucap Harry.

CNNIndonesia.com mencoba untuk mengkonfirmasi hal tersebut kepada Osvaldo langsung. Namun sampai saat ini Osvaldo tidak bisa berkormentar banyak.

"Belum tahu sampai kapan di sini [Spanyol]," jawab Osvaldo singkat. (TTF/jun)