Prediksi AS Roma vs Porto di Liga Champions

Jun Mahares, CNN Indonesia | Selasa, 12/02/2019 16:23 WIB
Prediksi AS Roma vs Porto di Liga Champions Prediksi AS Roma vs Porto di Liga Champions 2018/2019. (REUTERS/Alberto Lingria)
Jakarta, CNN Indonesia -- AS Roma akan menjamu FC Porto pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Stadion Olimpico, Selasa (12/2) waktu setempat. Berikut prediksi Roma vs Porto.

I Giallorossi  sedang labil di kompetisi domestik dan harus puas menghuni peringkat keenam klasemen sementara Liga Italia Serie A. Sebaliknya Porto berada di puncak klasemen Liga Primeira Portugal meski bersaing ketat dengan Benfica dan Sporting Braga.

Namun, jika mengingat perjalanan musim lalu, Roma justru tampil apik di Liga Champions dengan menumbangkan tim favorit Barcelona. Kini, mental Daniele De Rossi dan kawan-kawan di kompetisi Eropa akan diuji Porto yang memiliki pemain berpengalaman macam Iker Casillas.


Berikut prediksi hasil pertandingan AS Roma vs Porto versi tim redaksi olahraga CNNIndonesia.com:

Roma Bisa Kejutkan Porto (Surya Sumirat)

AS Roma dalam status tidak diunggulkan ketika menjamu FC Porto dalam leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Klub ibu kota Italia itu tidak konsisten di musim ini, terutama di Serie A, namun tetap kompetitif di Eropa.

AS Roma bertekad meraih kemenangan kandang kandang atas Porto. (AS Roma bertekad meraih kemenangan kandang kandang atas Porto. (Foto: REUTERS/Tony Gentile)
Sedangkan Porto merupakan pemuncak klasemen sementara di liga domestik dan tidak terkalahkan di semua kompetisi sejak Oktober. Kendati demikian, saya memprediksi Roma bisa memberikan kejutan kepada Porto dalam laga nanti, sebagaimana Daniele De Rossi mengejutkan Barcelona di musim lalu.

Dengan mengandalkan kolektivitas dan semangat tinggi bermain di kandang, Roma bisa menang 2-0 atas Porto.

AS Roma Manfaatkan Laga Kandang (Putra Permata Tegar Idaman)

AS Roma bermasalah dalam hal konsistensi bermain dalam beberapa laga terakhir namun Roma punya rekor laga kandang yang terbilang baik dalam lima laga terakhir. Giallorossi mencatat empat kemenangan dan satu hasil imbang dalam lima laga kandang terakhir yang mereka mainkan.

Porto sendiri tidak bisa dipandang sebelah mata. Jagoan Portugal itu meraih dua kemenangan dan satu hasil imbang dalam tiga lawatan tandang terakhir di Liga Champions. Catatan itu berarti Porto tak akan demam panggung saat tampil di Olimpico.

Kemenangan 3-0 atas Chievo bisa jadi penambah motivasi AS Roma. Bila lini belakang AS Roma tampil solid, Roma bisa menang 2-1 di laga ini.

AS Roma Menang Tipis (Haryanto Tri Wibowo)

Kemenangan atas Chievo akhir pekan lalu membangkitkan kepercayaan diri AS Roma jelang menjamu FC Porto pada leg pertama 16 besar Liga Champions.

Kekuatan kedua tim terbilang berimbang, namun posisi sebagai tuan rumah seharusnya bisa dimanfaatkan Roma untuk meraih kemenangan penting atas Porto yang belakangan tidak tampil konsisten di kompetisi domestik.

Roma saya prediksi bisa meraih kemenangan tipis 2-1 atas Porto dan meraih hasil yang penting di leg pertama.

Roma Menang Tipis Atas Porto (Ahmad Bachrain)

AS Roma di atas kertas lebih diunggulkan dari FC Porto pada laga babak 16 besar Liga Champions musim ini. Di Liga Italia Serie A, prestasi Roma tak begitu bagus berada di posisi keenam.

AS Roma di atas kertas lebih diunggulkan atas Porto. (AS Roma di atas kertas lebih diunggulkan atas Porto. (REUTERS/Tony Gentile)
Meski demikian mereka akan tampil total di kandang sendiri untuk meraih kemenangan atas tamunya dari Portugal pada kompetisi antarklub paling bergengsi di Eropa tersebut.

Tentu bukan perkara mudah karena Porto akan bermain solid di lini pertahanan. Namun, saya prediksi I Lupi akan menang tipis 1-0 atas lawannya itu.

Roma Menang Tak Meyakinkan (Nova Arifianto)

Eusebio di Francesco mengalami musim kedua yang cukup berbeda di AS Roma. Kemampuan bertahan Il Lupi menjadi titik sorot yang bisa dimanfaatkan Porto dalam pertandingan leg pertama 16 besar Liga Champions.

Edin Dzeko dan kawan-kawan yang berada di depan harus bermain cemerlang untuk memberi garansi kemenangan bagi pendukung, namun itu menjadi pekerjaan yang tidak mudah karena Porto memiliki determinasi cukup tinggi.

Sebelum memberi tekanan pada tuan rumah, skuat Naga dari Portugal harus mencari alternatif penyerang tangguh untuk mengganti hulu ledak Moussa Marega yang tak dapat tampil lantaran cedera.

Kemenangan 3-2 untuk Roma akan membuat leg kedua makin seru untuk diikuti. (jun/bac)


BACA JUGA