Dikalahkan Newcastle, Persija Gagal ke Liga Champions Asia

CNN Indonesia | Selasa, 12/02/2019 17:41 WIB
Dikalahkan Newcastle, Persija Gagal ke Liga Champions Asia Persija Jakarta gagal melaju ke babak grup Liga Champions Asia 2019. (Dok. Persija)
Jakarta, CNN Indonesia -- Persija Jakarta harus rela turun kasta ke Piala AFC setelah kalah 1-3 dari Newcastle Jets pada laga kualifikasi Liga Champions Asia 2019 yang digelar di Stadion McDonald Jones, Australia, Selasa (12/2).

Duel kedua tim berjalan berimbang di waktu normal. Persija mampu menghasilkan sederet ancaman meski tuan rumah lebih tampil lebih dominan dalam penguasaan bola.

Riko Simanjuntak yang tampil apik saat Persija mengalahkan Home United 3-1 pada pekan lalu, kembali jadi ruh permainan Macan Kemayoran. Pergerakan pemain sayap mungil tersebut kerap merepotkan pertahanan lawan.


Sedikitnya ada dua kesempatan yang tercipta berkat aksi Riko Simanjuntak di babak pertama. Namun, peluang yang dimiliki belum mampu membawa Persija unggul.

Marko Simic yang terlibat kasus pelecehan seksual saat tiba di Australia tampil di bawah performa. Striker asal Kroasia tersebut gagal memanfaatkan sederet peluang yang dimiliki.

Persija Jakarta kalah 1-3 dari Newcastle Jets.Persija Jakarta kalah 1-3 dari Newcastle Jets. (Dok. Persija)
Gol dari kedua tim baru tercipta di babak kedua. Skuat arahan Ernie Merrick berhasil unggul lewat sontekan Ronald Vargas memanfaatkan umpan silang mendatar Roy O'Donovan di menit ke-49.

Sisi kiri Persija yang dikawal Dani Saputra jadi lubang yang sukses dimanfaatkan The Jets untuk mencetak gol pertama. O'Donovan dengan leluasa melepaskan umpan silang mendatar di depan gawang yang mudah dituntaskan Vargas.

Persija berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-72. Umpan sepak pojok Riko Simanjuntak berhasil ditanduk Ramdani Lestaluhu untuk mengubah skor menjadi 1-1.

Dikalahkan Newcastle, Persija Gagal ke Liga Champions AsiaPersija Jakarta harus rela turun kasta ke Piala AFC 2019. (Dok. Persija)
Pertandingan berlanjut ke babak tambahan waktu 2x15 menit setelah skor imbang 1-1 bertahan hingga waktu normal usai.

Nigel Boogard berhasil mengantar Newcastle unggul 2-1 memanfaatkan situasi sepak pojok. Assist dari Ben Kantarovski berhasil disambar Boogard untuk menjebol gawang Andritany.

Persija berupaya untuk mengejar ketinggalan di babak kedua waktu tambahan. Simic mendapat peluang untuk menyamakan kedudukan di menit ke-113 lewat tendangan spekulasi dari luar kotak penalti. Namun, berhasil diamankan Glen Moss.

Semenit berselang, The Jets nyaris menambah keunggulan melalui aksi individu Nicholas Cowburn. Beruntung tendangannya masih bisa diblok kaki Andritany Ardhiyasa.

Asa Persija untuk menyamakan kedudukan kandas setelah tandukan Matthew Ridenton menembus gawang Andritany di menit ke-120 sekaligus mengubah skor menjadi 3-1.

Dengan demikian Newcastle akan menghadapi Kashima Antlers di babak terakhir kualifikasi Liga Champions Asia. Sementara Macan Kemayoran harus rela turun kasta ke kompetisi Piala AFC 2019.

Susunan pemain

Newcastle Jets: Glen Moss; Nigel Boogaard, Ben Kantarovski, Steven Ugarkovic, Dimitri Petratos (Nicholas Cowburn, 105'); Roy O'Donovan, Ronald Vargas (Matthew Ridenton, 80'), Kaine Sheppard (Angus Thurgate, 82'), Daniel Georgievski; Johnny Koutroumbis, Nikolai Topor-Stanley.

Persija Jakarta: Andritany Ardhiyasa; Ismed Sofyan, Ryuji Utomo, Maman Abdurrahman, Dani Saputra (Fitra Ridwan, 78'); Sandi Sute (Septianus Alom, 100'), Ramdani Lestaluhu, Yan Pieter Nasadit (Toni Sucioto, 40'); Riko Simanjuntak, Beto Goncalves (Novri Setiawan, 70'), Marko Simic. (jun/bac)