Buffon Masih Ingin Bermain Sampai Usia 80

CNN Indonesia | Rabu, 13/02/2019 02:13 WIB
Buffon Masih Ingin Bermain Sampai Usia 80 Buffon ingin bermain hingga usia 80. (Reuters/Jason Cairnduff)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kiper Paris Saint-Germain asal Italia Gianluigi Buffon memiliki mimpi untuk bisa berkarir di sepak bola hingga usia 80.

Buffon awalnya dikabarkan pensiun pada musim panas lalu setelah melakoni karier panjang bersama Juventus. Akan tetapi mantan pemain Parma itu justru gabung Paris Saint-Germain dan telah tampil dalam 16 pertandingan di semua kompetisi musim ini.

Musim ini merupakan 24 tahun karier profesional Buffon sebagai pemain. Meski telah berusia 41 tahun mantan peraih gelar Piala Dunia 2002 itu mengaku masih memiliki mimpi yang ingin dicapainya.


"Ketika Anda bermimpi, itu bagus untuk melihat diri Anda di banyak situasi berbeda. Saya butuh semangat. Tahun lalu saya memikirkan tentang pensiun, tetapi terlalu banyak memunculkan hal negatif," ujar Buffon kepada La Stampa dikutip dari Sportbible.

"Itulah mengapa saya bermimpi untuk tetap berada di lapangan sampai usia 80. Saat saya menjadi orang tua di gawang dengan tongkat dan nomor punggung 1 di belakang," Buffon menambahkan.

Buffon memiliki 17 tahun karier bersama Juventus.Buffon memiliki 17 tahun karier bersama Juventus. (REUTERS/Massimo Pinca)
Keinginan Buffon untuk terus bermain sampai usia tua pun mengundang kreativitas banyak pihak. Di media sosial ramai muncul meme kiper kelahiran Carrara itu saat menjadi penjaga gawang dengan rambut beruban dan menggunakan tongkat.

Buffon memulai karier profesionalnya bersama Parma saat menghadapi AC Milan pada 1995. Kendati begitu, ia bisa menunjukkan sikap dewasa dan menjaga gawangnya tetap clean sheet dari serbuan Milan, termasuk upaya George Weah sebagai pemenang Ballon d'Or di tahun itu.

Menariknya di tahun ini Buffon bisa berada dalam satu tim dengan putra Weah, Timohty, yang baru berusia 18. Kepindahannya ke PSG merupakan salah satu cara demi meraih ambisi menjuarai Liga Champions. (sry/sry)