AS Roma Menang Tipis 2-1 atas FC Porto di Liga Champions

CNN Indonesia | Rabu, 13/02/2019 05:02 WIB
AS Roma Menang Tipis 2-1 atas FC Porto di Liga Champions Roma menang 2-1 atas Porto di leg pertama babak 16 besar. (REUTERS/Alberto Lingria)
Jakarta, CNN Indonesia -- AS Roma berhasil mengalahkan FC Porto 2-1 di leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Stadion Olimpico, Selasa (12/2) waktu setempat.

Menit-menit awal laga Roma vs Porto berjalan lambat. Kedua tim mencoba meraba kekuatan masing-masing lawan.

Stephan El Shaarawy membuat umpan terobosan yang bagus pada menit kelima setelah memanfaatkan blunder Felipe. Namun rekan yang dituju Shaarawy tidak bisa memanfaatkan bola yang diberikannya.


Permainan agresif coba ditampilkan kedua tim saat laga memasuki menit ke-10. Akan tetapi lini belakang Roma maupun Porto tampil disiplin dengan mampu melakukan intersep dengan baik.

Pada menit ke-19 Nicolo Zaniolo mencoba memberikan keunggulan untuk Roma. Hanya saja tendangan bebas Zaniolo belum mengarah ke gawang Porto.

Bek Roma Federico Fazio melakukan blunder fatal di menit ke-30. Otavio pun memanfaatkan kesalahan itu dengan merebut bola dan memberikannya kepada Fernando Santos. Tetapi tembakan Santos masih bisa ditangkap kiper Antonio Mirante.

FC Porto (kiri) kalah dari Roma meski menguasai permainan.FC Porto (kiri) kalah dari Roma meski menguasai permainan. (REUTERS/Alberto Lingria)
Edin Dzeko mencoba membalas serangan Porto itu. Di menit ke-37 mantan striker Manchester City tersebut melepaskan tembakan langsung ke gawang Porto yang sayangnya masih membentur tiang.

Roma akhirnya bisa mencuri keunggulan lebih dulu pada menit ke-70 berkat umpan Dzeko. Tendangan kaki kanan Nicolo Zaniolo yang melewati sela-sela kaki bek Porto sukses menembus gawang Iker Casillas.

Edin Dzeko kembali menjadi aktor terciptanya gol kedua Roma di menit ke-76. Tendangan Dzeko yang membentur tiang kanan gawang Porto membuat bola bergulir liar di depan gawang lawan. Zaniolo yang berlari dari belakang dengan bebas menyontek bola masuk ke dalam gawang memanfaatkan rebound tersebut.

Tidak butuh waktu lama bagi Porto untuk memperkecil kedudukan. Dua menit setelah gol kedua Roma, Porto langsung membalasnya lewat Adrian Lopez memanfaatkan assist Tiquinho di menit ke-79. 

Tanpa ada tambahan gol lagi di sisa laga, Roma menang 2-0 atas Porto. Hasil ini memberikan keuntungan untuk Roma di leg kedua yang digelar 6 Maret mendatang.

Susunan pemain:

Roma: Antonio Mirante; Alesandro Florenzo, Konstantinos Manolas, Federico Fazio, Aleksandar Kolarov; Lorenzo Pellegrini, Daniele De Rossi, Bryan Cristante; Nicolo Zaniolo, Edin Dzeko, Stephan EL Shaarawy.

Porto: Iker Casillas; Eder Militao, Felipe, Pepe, Alex Telles; Otavio, Danilo Pereira, Hector Herrera; Fernando Santos, Tiquinho, Yacine Brahimi. (sry/sry)


BACA JUGA