Indra: Timnas Indonesia U-22 Belum Sempurna Jelang Piala AFF

CNN Indonesia | Kamis, 14/02/2019 10:40 WIB
Indra: Timnas Indonesia U-22 Belum Sempurna Jelang Piala AFF Suasana latihan pagi Timnas Indonesia U-22 sebelum berangkat ke Kamboja. (CNN Indonesia/M. Arby Rahmat Putratama H)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri mengaku masih banyak yang perlu ditingkatkan oleh Marinus Wanewar dan kawan-kawan jelang Piala AFF U-22 2019 yang berlangsung pada 17-26 Februari di Kamboja.

Setelah menjalani rangkaian uji tanding menghadapi tiga kesebelasan Liga 1, Timnas Indonesia U-22 kembali menggelar latihan di Lapangan ABC Gelora Bung Karno pada Kamis (14/3) sebelum berangkat ke Kamboja besok.

"Banyak yang dibenahi, jangan pikir kami sudah sempurna. Saya sudah melakukan pemanggilan pemain sampai sekarang, ada peningkatan dan pemahaman yang sama," kata Indra usai latihan.


Mantan pelatih Timnas Indonesia U-19 dan Bali United itu berharap performa puncak anak asuhnya dapat ditampilkan pada kompetisi sesungguhnya.

Untuk menunjang peak performance, pada hari latihan terakhir tersebut Indra menggelar dua sesi yakni pagi hari dan sore hari.

Indra Sjafri: Timnas Indonesia U-22 Belum SempurnaSesi latihan Timnas Indonesia U-22 sebelum berangkat ke Kamboja mengikuti Piala AFF U-22 2019. (CNN Indonesia/M. Arby Rahmat Putratama H)
Pada latihan pagi Indra lebih banyak menekankan latihan umpan pendek dan sedang dengan beragam variasi yang ditambah permainan setengah lapangan. Sedangkan pada latihan sore, Timnas Indonesia U-22 akan berlatih eksekusi bola mati seperti tendangan bebas, sepak pojok, dan penalti.

"Sebagus apapun taktik tim, kalau salah passing tetap saja tidak baik. Kami harap semakin hari semakin baik," ucap Indra mengenai alasan memberi menu operan kepada anak asuhnya.

Emosi

Dalam latihan pagi, penyerang Timnas Indonesia U-22 Marinus Wanewar sempat terlihat emosi lantaran menganggap bek tengah yang juga rekannya di klub Bhayangkara FC Nurhidayat Haji Haris bermain sedikit kasar dalam melakukan penjagaan.

Menanggapi hal itu Indra hanya berkomentar singkat. "Tidak, itu bukan emosi. Ada hal yang dalam sepak bola kadang ada dinamika. Itu tidak perlu jadi topik lah," ucapnya.

Indra telah menetapkan 23 pemain untuk Piala AFF U-22 2019. Tak ada nama Saddil Ramdani, Ezra Walian, dan Egy Maulana Vikri dalam daftar skuat yang akan tampil di turnamen tersebut. (nva/ptr)