Andy Setyo Jadi Kapten Timnas Indonesia U-22 di Piala AFF

CNN Indonesia | Kamis, 14/02/2019 13:19 WIB
Andy Setyo Jadi Kapten Timnas Indonesia U-22 di Piala AFF Andy Setyo Nugroho (kanan) sudah memperkuat Timnas Indonesia sejak 2017. (MOHD RASFAN / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bek Timnas Indonesia U-22 Andy Setyo Nugroho mendapat kepercayaan dari pelatih Indra Sjafri untuk menjadi kapten pada Piala AFF U-22 2019.

Sebelumnya, Andy selalu dipercaya menjadi kapten dalam tiga laga uji coba melawan Bhayangkara FC, Arema FC, dan Madura United. Indra menilai Andy bisa menjadi pemimpin yang baik di lapangan.

"Dia [Andy] bisa jadi contoh, bisa jadi jembatan saya ke pemain dan begitu sebaliknya," kata Indra kepada para awak media usai latihan di Lapangan ABC Gelora Bung Karno (GBK) pada Kamis (14/3).


Sementara itu, Andy sendiri menganggap kepercayaan tersebut sebagai amanah yang mesti ia lakukan dengan baik. "Mau tidak mau harus saya jalankan, sesuai dengan pelatih minta," katanya.

Setelah menjalani pemusatan latihan sejak Januari, Andy menilai Timnas Indonesia U-22 semakin hari semakin siap dan menyatu. Ia optimistis bisa mengatasi lawan-lawan di Grup B. Kondisi internal tim membuat pemain PS TIRA itu yakin membawa Merah Putih berjaya.

Indra Sjafri Pastikan Andy Setyo Kapten Timnas Indonesia U-22Andy Setyo Nugroho menjadi kapten Timnas Indonesia di Piala AFF U-22 2019. (CNN Indonesia/M. Arby Rahmat Putratama H)
"Kalau target pasti juara, optimistis saja pada kemampuan kami semua. Saya tidak memandang tim itu kuat atau lemah, saya berpikir semua tim itu ambisi untuk menjadi juara," ucapnya.

Timnas Indonesia U-22 akan melawan Myanmar dalam laga perdana Piala AFF U-22 pada 18 Februari 2019.

Menghadapi laga pertama dengan optimisme tinggi lantaran memiliki catatan yang cukup baik jika bertemu kesebelasan junior The White Angels, kendati sang lawan memiliki kualitas yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

"Tetapi kalau kami lebih bagus dari mereka, ya kami menang. Alhamdulillah saya beberapa kali lawan Myanmar dan bisa mengatasi mereka," ucap Indra.

Selain Myanmar, Timnas Indonesia U-22 juga akan berhadapan dengan Malaysia dan Kamboja di Grup B. (nva/jun)