Osvaldo Pilih Persebaya Ketimbang Balik ke Spanyol

CNN Indonesia | Jumat, 15/02/2019 01:25 WIB
Osvaldo Pilih Persebaya Ketimbang Balik ke Spanyol Osvlado Haay memilih bersama Persebaya Surabaya ketimbang ke Spanyol. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gelandang Timnas Indobesia U-22 Osvaldo Haay lebih memilih untuk membela klub Liga 1 Persebaya Surabaya dibandingkan lanjut belajar sepak bola di Spanyol.

Beberapa waktu lalu, Osvaldo berada di Spanyol untuk mengikuti uji coba bersama klub divisi dua Liga Spanyol CD Numancia sejak Sabtu (2/2). Ia berangkat setelah mengantongi izin 10 hari dari Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri, sampai Selasa (12/2).

Lantaran mengikuti masa percobaan di Spanyol, pemain asal Jayapura itu tidak ikut dalam tiga laga uji coba Timnas Indonesia U-22, yakni saat menghadapi Bhayangkara FC, Arema FC, dan Madura United.


"Ya saya dapat pengalaman yang luar biasa dan mereka sangat mendukung ya, sempat diminta balik [ke Spanyol] tapi saya rasa saya lebih nyaman di Surabaya. Jadi, saya pilih kembali di Surabaya saja," ucap pemain Persebaya Surabaya tersebut kepada para awak media di Lapangan ABC Gelora Bung Karno (GBK) pada Kamis (14/2).

"Sebenarnya awal itu diminta dua pekan di sana [Spanyol], tapi saya bilang Timnas Indonesia U-22 mau main di Piala AFF U-22 m. Dan juga saya sudah bicara dengan coach Indra kalau saya janji mau pulang dan saya rasa saya juga tidak ingin balik lagi ke sana lagi, karena nyaman juga di Persebaya," ucapnya menambahkan.

Osvaldo Pilih Persebaya Ketimbang Balik ke SpanyolOsvaldo Haay sempat menjalani tes di CD Numancia. (CNN Indonesia/M. Arby Rahmat Putratama H)
Kendati begitu, ia tidak menutup kemungkinan untuk kembali lagi ke Spanyol pada masa mendatang. Ia mengakui liga Spanyol sangat bagus dan berkualitas.

"Kalau ada kesempatan lagi, saya akan balik. Tapi untuk saat ini saya sangat nyaman di Surabaya," ujar dia.

Lebih lanjut, Osvaldo mengatakan banyak pelajaran yang bisa dipetik dari kunjungan singkat dia ke Spanyol. Secara skill dan teknik, ujarnya, tidak beda jauh dengan di Indonesia.

"Malah saya rasa kita lebih punya kecepatan. Tapi ya di sana kalau soal teknik mereka memang luar biasa, passing, kontrol, perpindahan bola. Tapi saya rasa Indonesia tidak kalah," tuturnya.

Usai kembali uji coba dari Spanyol, kondisi Osvaldo kurang sehat.

Osvaldo mulai kembali bergabung dengan Timnas Indonesia U-22 pada Kamis (14/3). Ia ikut latihan terakhir sebelum bertolak ke Kamboja untuk Piala AFF U-22 besok.

"Ya lumayan [lelah], tapi mau bagaimana ini kan pekerjaan, jadi harus latihan terus dan harus bekerja. Tentu ada flu sedikit, ada rasa capai sedikit tapi harus dan terus kerja keras," kata Osvaldo kepada para awak media usai latihan. (jun/bac)