Ronaldo Dimanfaatkan Juventus Bantu Ringankan Utang Klub

CNN Indonesia | Jumat, 15/02/2019 06:29 WIB
Ronaldo Dimanfaatkan Juventus Bantu Ringankan Utang Klub Kehadiran Cristiano Ronaldo dimanfaatkan Juventus untuk meringankan utang klub dengan menerbitkan surat utang. (Action Images via Reuters/Jason Cairnduff)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kehadiran Cristiano Ronaldo diharapkan bisa membantu meringankan beban utang Juventus yang mencapai €310 juta atau setara Rp4,9 triliun.

Salah satu cara yang dilakukan klub tersebut adalah dengan bermain di pasar obligasi di Bursa Saham Milan.

Juventus disebut tergiur juga untuk menerbitkan surat obligasi di Bursa Saham Milan setelah penerimaan data mengalami peningkatan luar biasa.


Dalam delapan tahun terakhir, persentase peningkatan pemasukan tembus 161 persen, mencapai €402 juta (Rp6,7 triliun) pada musim 2017/2018.

Cristiano Ronaldo dibeli Juventus dengan nilai setara Rp1 triliun. (Foto: REUTERS/Alberto Lingria
Cristiano Ronaldo dibeli Juventus dengan nilai setara Rp1 triliun. (
Untuk kali pertama, Si Nyonya Tua menjejaki pasar obligasi internasional dengan melepas surat utang. Dikutip dari Financial Times, klub tersebut menaikkan nilai surat utang hingga sebesar €175 juta (Rp2,7 triliun) dengan tenor selama lima tahun.

Nilai imbal hasil surat utang yang dilepaskan Juventus dipatok sebesar 3,5 persen. Prospektus obligasi mengindikasikan bahwa klub bisa menggunakan dana hasil penerbitan obligasi untuk membayar kembali beban utang.  Per Juni, Juventus memiliki utang setara Rp4,9 triliun, termasuk pinjaman dengan bank Italia.

Kehadiran CR7 itu pun diharapkan pihak klub mampu mengeruk uang banyak di penerbitan surat utang. Namun, pelepasan pertama surat obligasi tersebut belum banyak dilirik para investor.

Bloomberg melansir hasil penjualan surat utang yang dilakukan pada Rabu (13/2), kurang dari 50 persen dari nilai yang dipatok yakni Rp2,7 triliun.

Ronaldo dibeli Juventus dari Real Madrid dengan nilai transfer €100 juta (Rp1 triliun). Keberadaannya mendongkrak penjualan jersey dan pernak-pernik Juventus lainnya tahun lalu.

Di lapangan, Ronaldo total sudah mengoleksi 20 gol untuk Juventus di seluruh kompetisi domestik Italia maupun di Liga Champions musim ini. Sebanyak 18 gol di antaranya diciptakan di Liga Italia Serie A. (bac/jun)