5 Bintang yang Tetap Kompetitif di Usia 40 Selain Rossi

CNN Indonesia | Sabtu, 16/02/2019 21:30 WIB
5 Bintang yang Tetap Kompetitif di Usia 40 Selain Rossi Valentino Rossi masih bertekad meraih juara dunia MotoGP di usia 40. (Mohd RASFAN / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah atlet tetap melanjutkan kariernya di dunia olahraga meski berusia 40. Seperti halnya pebalap MotoGP Monster Energy Yamaha Valentino Rossi yang berkepala empat pada 16 Februari ini.

Tahun ini adalah musim terakhir Rossi bersama Yamaha, dan belum ada kejelasan soal perpanjangan kontrak. Pebalap berjuluk The Doctor itu juga belum memberikan sinyal pensiun.

Di usia yang tidak lagi muda, Rossi masih ingin bisa bersaing dengan pebalap lain yang lebih muda darinya. Kendati demikian, pebalap kelahiran Urbino itu tidak memungkiri ingin kembali merasakan juara dunia MotoGP.


Berusia 40 dan tetap kompetitif di bidangnya merupakan angka yang luar biasa untuk olahragawan. Berikut sederet atlet yang tetap berkarier di usia 40 selain Rossi dikutip dari situs MotoGP:

1. Michael Jordan (Bola Basket)
Michael Jordan dianggap sebagai pebasket terbaik sepanjang masa.Michael Jordan dianggap sebagai pebasket terbaik sepanjang masa. (AFP)
Michael Jordan menjadi pebasket pertama yang mengoleksi 43 poin di satu pertandingan NBA saat berusia 40. Selain sebagai pahlawan olahraga Amerika sebenarnya, Jordan juga dianggap pebasket terbaik sepanjang masa. Sampai dengan saat ini Jordan merupakan pemegang rekor rata-rata poin tertinggi musim reguler (30,12 poin per laga) dan rata-rata poin tertinggi play-off (33,45 poin per laga).

2. Tom Brady (Football Amerika)

Atlet yang tetap berada di puncak performa saat 40 tahun adalah Tom Brady dari Amerika Football. Di usia 41 Brady membantu New England Patriots menjuarai Super Bowl 2019. Itu merupakan gelar Super Bowl keenam bagi Brady secara keseluruhan yang merupakan tertinggi dalam sejarah.

3. Michael Schumacher (Formula 1)


Seperti Jordan, Michael Schumacher juga termasuk ke dalam atlet hebat sepanjang masa. Pebalap asal Jerman itu menjadi juara balap mobil Formula 1 (F1) tujuh kali secara beruntun pada 2000 sampai 2004 bersama Ferrari, sebelum pensiun pada 2006. Schumacher memiliki pencapaian 91 kemenangan dalam kariernya yang tetap tidak terkalahkan.

Michael Schumacher pernah juara dunia tujuh kali. (AFP PHOTO / GERARD JULIEN)Michael Schumacher pernah juara dunia tujuh kali. (AFP PHOTO / GERARD JULIEN)

4. Gianluigi Buffon (Sepak bola)

Musim ini kiper Gianluigi Buffon berusia 41 tahun. Ia menepis rumor pensiun pada akhir musim lalu dengan bergabung ke Paris Saint-Germain. Ambisi Buffon memilih PSG karena ingin meraih trofi Liga Champions 2018/2019. Di musim ini Buffon sudah tampil di 17 laga dengan clean sheet delapan kali dan kebobolan sembilan gol di semua kompetisi.

Buffon ingin juarai Liga Champions musim ini.Buffon ingin juarai Liga Champions musim ini bersama PSG. (REUTERS/Christian Hartmann)
5. George Foreman (Tinju)

George Foreman merupakan juara dunia kelas berat dua kali. Petinju Amerika Serikat itu juga peraih medali emas Olimpiade. Ia pernah melakoni pertarungan tinju paling terkenal 'Rumble in Jungle' dengan Muhammad Ali.

Foreman pernah menyatakan pensiun pada usia 45. Namun kemudian ia kembali naik ring dan memutuskan benar-benar pensiun di 48 tahun pada 1997. Foreman juga tercatat sebagai petinju tertua yang memenangi juara dunia kelas berat. (sry/jun)