Persebaya Menang 8-0, Lolos ke 16 Besar Piala Indonesia

CNN Indonesia | Sabtu, 16/02/2019 18:06 WIB
Persebaya Menang 8-0, Lolos ke 16 Besar Piala Indonesia Persebaya lolos ke babak 16 besar Piala Indonesia. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Persebaya Surabaya menang 8-0 atas Persinga Ngawi di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (15/2), dan memastikan langkah ke babak 16 besar Piala Indonesia.

Persebaya sudah unggul tiga gol di babak pertama atas Persinga. Penyerang baru asal Guinea-Bissau, Amido Balde, berhasil mencetak dua gol pada menit pertama dan 23. Sementara satu gol lainnya dilesakkan penyerang Timnas Indonesia Irfan Jaya.

Di babak kedua tekanan Persebaya tidak berkurang. Tim asuhan Djadjang Nurdjaman itu bahkan mampu mencetak lima gol di babak kedua. Balde berhasil menambah dua gol untuk menciptakan quatrrick di laga ini.


Balde berhasil menambah dua gol pada menit ke-48 dan 61. Irfan Jaya juga mampu mencetak gol keduanya pada menit ke-70, disusul penyerang asal Tajikistan Manuchekhr Dzhalilov pada menit ke-79. Rendi Irwan menutup kemenangan besar Persebaya atas Persinga menjadi 8-0 lewat gol saat injury time babak kedua.

Persebaya akan menghadapi Persidago di babak 16 besar Piala Indonesia.Persebaya akan menghadapi Persidago di babak 16 besar Piala Indonesia. (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)
Persebaya vs Persinga merupakan satu-satunya pertandingan di babak 32 besar Piala Indonesia yang menggunakan sistem satu leg. Hal itu dilakukan setelah Persinga beberapa kali gagal menggelar pertandingan leg pertama di kandang karena masalah perizinan.

Dengan kemenangan atas Persinga, Persebaya menjadi tim terakhir yang memastikan langkah ke babak 16 besar Piala Indonesia. Di babak selanjutnya, Tim Bajul Ijo akan menghadapi tim Liga 3 Persidago Gorontalo yang secara mengejutkan menyingkirkan tim raksasa Liga 1 Persipura Jayapura.

PSM Menang Telak

Sementara itu pada leg pertama babak 16 besar Piala Indonesia, PSM Makassar sukses meraih kemenangan telak 9-0 atas Perseru Serui pada laga di Stadion Andi Mattalata.

Eero Markkanen berhasil mencetak empat gol, disusul Zulham Zamrun yang sukses menciptakan hattrick. Penyerang Ferdinand Sinaga dan winger Bayu Gatra masing-masing mencetak satu gol di laga ini. (har/har)