Persija Ditahan PS TIRA Persikabo 2-2 di Piala Indonesia

CNN Indonesia | Minggu, 17/02/2019 17:16 WIB
Persija Ditahan PS TIRA Persikabo 2-2 di Piala Indonesia Ismed Sofyan dan kawan-kawan gagal meraih kemenangan pada laga pertama babak 16 besar Piala Indonesia. (CNN Indonesia/Mundri Winanto)
Jakarta, CNN Indonesia -- PS TIRA Persikabo bermain imbang 2-2 dengan Persija Jakarta dalam laga pertama babak 16 besar Piala Indonesia di Stadion Pakansari, Bogor, Minggu (17/2).

Persija menjalani laga tanpa kehadiran Marko Simic. Menggantikan penyerang Kroasia tersebut, Ivan Kolev menempatkan Bambang Pamungkas sebagai ujung tombak. Sementara Andritany Ardhyasa, Ryuji Utomo, dan Ramdani Lestaluhu berada di bangku cadangan.
Tanpa Simic, Persija berupaya keras membukukan keunggulan sejak menit awal. Namun permainan solid PS TIRA menyulitkan tim tamu. Selain itu anak asuh Rahmad Darmawan juga merespons gedoran tim tamu dengan mencoba bermain menyerang.

Pada menit ke-37 umpan terobosan Ahmad Nufiandani berhasil dimanfaatkan penyerang baru PS TIRA Loris Arnaud. Penyelesaian akhir pemain Prancis itu membobol gawang Persija yang dikawal Daryono.

Keunggulan 1-0 PS TIRA hanya berlangsung selama satu menit. Sebuah serangan Persija yang ditujukan ke sayap kanan dilanjutkan dengan baik oleh Riko Simanjuntak yang mengirim umpan ke kotak penalti. Tandukan Bruno Matos melewati jangkauan Angga Saputro dan membuat kedudukan kembali imbang.


Jelang turun minum PS TIRA memimpin untuk kali kedua. Serangan tuan rumah tidak bisa diantisipasi dengan apik oleh pertahanan Macan Kemayoran. Upaya Maman Abdurahman menghalau bola dari penguasaan Ahmad Nufiandani justru membuat si kulit bulat menghampiri Ciro Henrique yang tidak menyia-nyiakan peluang.
PS TIRA Persikabo Imbangi Persija 2-2 di Piala IndonesiaBambang Pamungkas menjadi ujung tombak Persija ketika menghadapi PS TIRA Persikabo. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)
Bereaksi atas ketertinggalan, Persija bermain agresif pada babak kedua dengan mencoba memanfaatkan penguasaan bola. Sementara PS TIRA terlihat tampil memainkan direct football tanpa berlama-lama melakukan penguasaan dan langsung mengarahkan bola secara vertikal.

Pemain pengganti Heri Susanto memiliki peluang menyamakan kedudukan, akan tetapi tendangan kaki kirinya dari dalam kotak penalti hanya membuat bola menerpa tiang gawang pada menit ke-75.

Tiga menit berselang Persija mendapat tendangan penalti setelah wasit Aprisman Aranda menilai Munadi melakukan handsball. Bruno Matos yang maju sebagai eksekutor berhasil menjalankan tugas dengan baik.

Skor 2-2 menjadi hasil akhir laga dan menurut jadwal yang dirilis PSSI pada 12 Februari, PS TIRA dan Persija akan menjalani leg kedua babak 16 besar Piala Indonesia di Stadion Patriot, Bekasi, Kamis (21/2).

Susunan pemain inti PS TIRA Persikabo:
Angga Saputro; Herwin Tri Saputro, Khurshed Beknazarov, Vava Mario Yagalo; Ahmad Nufiandani, Ciro Henrique, Izmy Yaman, Manahati Lestusen, Guntur Triaji, Rezky Ihwan; Loris Arnaud.

Susunan pemain inti Persija Jakarta:
Daryono; Ismed Sofyan, Maman Abdurahman, Vinicius Lopes, Tony Sucipto; Bruno Matos, Fitra Ridwan, Jahongir Abdumuminov, Novri Setiawan, Riko Simanjuntak, Bambang Pamungkas

(nva/nva)