Umuh: Erick Thohir Bisa Raih 90 Persen Suara Jadi Ketua PSSI

CNN Indonesia | Rabu, 20/02/2019 12:54 WIB
Umuh: Erick Thohir Bisa Raih 90 Persen Suara Jadi Ketua PSSI Erick Thohir sempat menjadi jagoan Umuh Muchtar sebagai calon Ketua Umum PSSI. (CNN Indonesia/Priska Sari Pratiwi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar, mengklaim keluarga besar Erick Thohir tidak setuju Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 itu jadi calon Ketua Umum PSSI. Padahal Umuh yakin Erick akan menang dalam pemilihan di Kongres Luar Biasa (KLB).

Komite Eksekutif (Exco) PSSI memastikan akan menggelar KLB setelah Plt Ketua Umum Joko Driyono ditetapkan sebagai tersangka perusakan garis polisi dan pencurian barang bukti oleh Satgas Anti Mafia Bola.

Umuh semula akan mencalonkan Erick sebagai Ketua Umum PSSI pada KLB. Namun, Umuh harus mengubah pilihannya karena mendapat informasi mantan Presiden Inter Milan itu tidak mendapat izin dari keluarga untuk menjadi Ketua PSSI. Padahal Umuh yakin Erick akan mendapat suara hingga 90 persen dalam pemilihan.


"Tadinya saya punya jagoan, Erick Thohir. Bukan karena dia orang Persib, tapi dia orang yang punya semua. Pak Erick keluarganya tidak menyetujui, orang terdekat Pak Erick yang bicara ke saya," ujar Umuh kepada CNNIndonesia.com, Rabu (20/2).

Erick Thohir diklaim tidak mendapat izin dari keluarga menjadi Ketua Umum PSSI.Erick Thohir diklaim tidak mendapat izin dari keluarga menjadi Ketua Umum PSSI. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
"Orang tuanya, kakaknya tidak menyetujui. Tidak tahu alasannya apa, pokoknya tidak menyetujui. Pak Erick katanya jangan diganggu. Kalau maju, 90 persen [suara voters] ke Erick," sambungnya.

Umuh mengaku sudah memiliki jagoan baru setelah mengetahui Erick tidak mendapat izin dari keluarga. Meski tidak menyebut nama, Umuh mengatakan jagoan barunya adalah Jenderal berbintang tiga.

"Karena Pak Erick tidak siap sampai sekarang. Ya sudah karena Pak Erick jelas ada ketegasan tidak [ikut pencalonan Ketua Umum PSSI] saya juga sudah menyiapkan lagi jagoan. Sekarang saya punya jago, [jendral] berbintang tiga juga," ucap Umuh.

Umuh Muchtar mengaku punya jagoan baru sebagai calon Ketua Umum PSSI.Umuh Muchtar mengaku punya jagoan baru sebagai calon Ketua Umum PSSI. (CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)
"Rasanya orang sudah menyebut-nyebut [jendral bintang tiga], tapi saya tidak usah menyebutkannya. Lihat saja nanti kalau sudah oke, sudah siap nanti pada tahu. Tunggu dulu saja," ujar Umuh.

Lebih lanjut Umuh yakin keinginan PSSI untuk menggelar KLB akan disetujui FIFA. Terlebih perwakilan Exco PSSI direncanakan akan ke markas FIFA untuk menjelaskan kondisi PSSI saat ini. Umuh menganggap FIFA membutuhkan anggota seperti Indonesia, salah satu negara negara dengan pecinta sepak bola paling banyak di dunia.

Umuh juga berharap siapapun yang jadi Ketua Umun PSSI nantinya tidak pilih kasih dan berat sebelah terhadap salah satu klub tertentu.

"Ketua yang baru yang bijaksana, yang berwibawa yang punya kekuatan dan punya uang. Jadi jangan orang hidup di situ nebeng-nebeng tidak jelas, pekerjaannya tidak jelas, bisnisnya tidak jelas jadi berbahaya. Jadi merongrong, jadi bakal banyak permainan," ucap Umuh. (TTF/bac)