FIFA Hukum Chelsea, Dilarang Beli Pemain di 2 Bursa Transfer

CNN Indonesia | Jumat, 22/02/2019 18:47 WIB
FIFA Hukum Chelsea, Dilarang Beli Pemain di 2 Bursa Transfer Chelsea diputuskan bersalah terkait kasus transfer pemain di bawah usia 18 tahun. (Action Images via Reuters/Carl Recine)
Jakarta, CNN Indonesia -- FIFA melarang Chelsea beraktivitas pada dua bursa transfer mendatang setelah badan sepak bola tertinggi dunia itu memastikan The Blues melakukan pelanggaran terkait penggunaan pemain muda.

Hukuman dari FIFA diputuskan pada Jumat (22/2) waktu setempat setelah melewati investigasi yang panjang termasuk mengenai cara Chelsea mendaftarkan pemain di akademi mereka. Tercatat ada 29 pelanggaran yang dilakukan klub asal London tersebut terkait transfer pemain di bawah 18 tahun.
"Komite Disiplin FIFA telah memberi sanksi kepada klub Inggris Chelsea dan Asosiasi Sepak bola (FA) atas pelanggaran terkait transfer internasional dan pendaftaran pemain di bawah usia 18 tahun," demikian pernyataan dalam situs resmi FIFA.

"Perlindungan anak di bawah umur adalah elemen kunci dalam keseluruhan kerangka kerja FIFA terkait dengan transfer pemain dan penegakan aturan yang efektif dan sangat penting, seperti yang juga dikonfirmasi pada berbagai kesempatan pengadilan arbitrase olahraga [CAS]," lanjut pernyataan tersebut.

Pelanggaran perekrutan pemain belia tersebut membuat Chelsea tidak bisa melakukan transfer pada musim mendatang, baik pada awal musim maupun tengah musim. Sementara Chelsea masih diperbolehkan melepas pemain.
Chelsea Tak Bisa Lakukan Transfer pada Musim 2019/2020Chelsea terancam tidak dapat mendatangkan pemain baru pada musim 2019/2020. (REUTERS/Matthew Childs)
FIFA menyebutkan segala hukuman terhadap Chelsea tersebut tidak berlaku untuk tim sepak bola wanita dan tim futsal.

Salah satu klub pemilik gelar Liga Champions asal Inggris itu juga mendapat denda lebih dari £460 ribu atau Rp8,4 miliar. Selain itu Federasi Sepak Bola Inggris (FA) juga dikenakan denda £390 ribu yang lebih kurang setara dengan Rp7,1 miliar.


FA juga diberikan waktu enam bulan untuk mengatasi situasi mengenai transfer internasional dan pendataran anak di bawah umur dalam sepak bola.

Chelsea dapat mengajukan pertimbangan ulang terhadap putusan tersebut melalui Komite Banding FIFA. Selain itu FIFA juga memberi kesempatan 90 hari bagi Chelsea untuk mengubah status para pemain yang telah didatangkan The Blues secara ilegal. (nva/har)