Indra Pernah Dua Kali Tekuk Thailand di Timnas Indonesia U-19

CNN Indonesia | Senin, 25/02/2019 22:03 WIB
Indra Pernah Dua Kali Tekuk Thailand di Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri tidak asing dengan gaya main Thailand. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri memiliki pengalaman berhadapan Thailand ketika berlaga di Piala AFF U-19 sejak 2013 hingga 2018, dan dua kali menekuk lawannya itu.

Indra akan kembali bertemu Thailand dalam laga final Piala AFF U-22 2019. Pertemuan tersebut akan jadi yang kelima bagi Indra dalam kompetisi kelompok umur antarnegara Asia Tenggara.

Pertemuan pertama Indra dengan skuat Gajah Perang terjadi dalam fase grup Piala AFF U-19, sebelum Timnas Indonesia U-19 menjadi juara. Ketika itu skuat Garuda Nusantara meraih kemenangan berkat hattrick Evan Dimas Darmono.


Mantan pelatih Bali United itu kemudian bertemu dengan Thailand pada ajang Piala AFF U-19 2017. Laga pada babak semifinal tersebut berakhir dengan kemenangan Thailand dengan skor 3-2 pada babak adu penalti setelah tidak ada gol tercipta di waktu normal.

Setahun berselang, Indra kemudian dua kali bertemu Thailand juga pada ajang Piala AFF U-19. Di babak grup, Timnas Indonesia U-19 kalah 1-2. Gol Nattawut Chootiwat dan Matee Sarakum hanya mampu dibalas Rifad Marasabessy.

Timnas Indonesia U-19 arahan Indra Sjafri meraih kemenangan atas Thailand dalam perebutan peringkat ketiga Piala AFF U-19 2018.Timnas Indonesia U-19 arahan Indra Sjafri meraih kemenangan atas Thailand dalam perebutan peringkat ketiga Piala AFF U-19 2018. (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)
Kekalahan tipis tersebut kemudian dibalas pada laga perebutan tempat ketiga. Feby Eka Putra dan Syahrian Abimanyu mencetak gol sebelum Matee membalas dengan sebuah gol.

Menjelang menghadapi Thailand pada final Piala AFF U-22, pelatih asal Sumatera Barat itu menyatakan keinginan meraih gelar kedua setelah enam tahun lalu di Sidoarjo.

"Mudah-mudahan tak hanya final, semoga ini juara ke dua saya di usia yang berbeda," ucap Indra.

"Mohon doa dari masyarakat Indonesia dan pemain besok lebih fokus, jadi hanya 2x45 menit kita bisa memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara," sambungnya.

Sebagai salah satu bekal menghadapi pertandingan pamungkas, Indra mengaku sudah menganalisis kekuatan Thailand dengan melihat permainan anak asuh Alexandre Gama.

"Seperti dari awal turnamen saya bilang semua tim yang ikut di turnamen ini kualitasnya semakin merata. Thailand kita sering bertemu dan sudah sama-sama tahu kekuatan masing-masing. Kemarin saya melihat permainan mereka selama 120 menit, ya mudah-mudahan besok kami bisa antisipasi," ujar Indra usai latihan Senin (25/2) pagi.

[Gambas:Video CNN] (nva/bac)