Jadwal MotoGP Qatar 2019 Berpeluang Diubah

CNN Indonesia | Kamis, 28/02/2019 23:57 WIB
Jadwal MotoGP Qatar 2019 Berpeluang Diubah Jadwal balapan MotoGP Qatar 2019 berpeluang dimajukan. (AFP PHOTO / KARIM JAAFAR)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bos Dorna Carmelo Ezpeleta berpeluang mengubah jadwal balapan MotoGP Qatar 2019 yang akan menjadi seri pembuka musim ini di Sirkuit Internasional Losail, 10 Maret mendatang.

Semula MotoGP Qatar 2019 dijadwalkan digelar pukul 20.00 malam waktu setempat. Namun, jadwal balapan itu dikritik sejumlah pebalap, salah satunya juara dunia MotoGP tiga kali Jorge Lorenzo.

Lorenzo mengkritik jadwal mulai balapan setelah mengalami kecelakaan pada hari terakhir tes resmi di Sirkuit Internasional Losail pada 25 Februari lalu. Pebalap Repsol Honda mengalami kecelakaan di tikungan dua saat pukul 21.00 waktu setempat.


Lorenzo mengatakan suhu trek menurun drastis jika balapan digelar mulai pukul 20.00 waktu setempat, hingga di bawah 16 derajat celsius. Kondisi itu membuat cengkeraman ban menjadi berkurang.

MotoGP Qatar 2019 berpeluang dimajukan satu jam dari jadwal semula.MotoGP Qatar 2019 berpeluang dimajukan satu jam dari jadwal semula. (REUTERS/Ibraheem Al Omari)
"Saya ingin berbicara kepada orang yang memutuskan jadwal balapan, karena jika kami bisa memajukan waktu balapan itu akan lebih aman untuk pebalap," ujar Lorenzo.

Dikutip dari Motorsport, Ezpeleta berpeluang memajukan waktu balapan MotoGP Qatar 2019 setelah melakukan pembicaraan dengan Lorenzo dan sejumlah pebalap lainnya. Balapan berpeluang dimajukan ke pukul 19.00 WIB.

"Saya sudah membicarakannya dengan Lorenzo dan pebalap lainnya, kami harus mengevaluasi situasinya. Saat ini belum ada yang diputuskan, tapi jika kami bisa memperhatikan keselamatan pebalap, kami akan melakukannya. Jika kondisinya berbahaya, maka kami akan melakukan perubahan," ucap Lorenzo.

Sebelum musim 2017, balapan MotoGP Qatar selalu digelar pukul 21.00 waktu setempat. Namun, jadwal itu berubah usai musim 2017 setelah balapan hampir dibatalkan karena hujan deras. (jun)