Manchester United dan Manchester City Kompak Menang Tipis

CNN Indonesia | Minggu, 03/03/2019 00:00 WIB
Manchester United dan Manchester City Kompak Menang Tipis Romelu Lukaku mencetak dua gol ke gawang Southampton. (Action Images via Reuters/Jason Cairnduff)
Jakarta, CNN Indonesia -- Manchester United dan Manchester City meraih kemenangan tipis dalam lanjutan pekan ke-29 Liga Primer Inggris 2018/2019 yang berlangsung Sabtu (2/3) malam waktu Indonesia barat.

Man United yang menjamu Southampton di Stadion Old Trafford berupaya mencetak gol cepat. Selepas dua peluang Lukaku pada menit ketiga dan kelima, Southampton berupaya tampil keluar untuk menyerang.

Serangan Southampton pada menit ke-25 yang diawali dari perebutan bola di daerah permainan Man United tidak disia-siakan Yan Valery. Gelandang Southampton itu melepaskan tembakan kencang dari luar kotak penalti yang tidak mampu dibendung David de Gea.


Southampton yang unggul pun terlihat percaya diri menghadapi Man United yang berusaha keras mencetak gol penyama kedudukan yang tak kunjung tercipta hingga babak pertama selesai.

Serangan Man United kembali berlanjut pada babak kedua. Kendati sempat menghadapi ancaman pada menit-menit awal paruh kedua, tuan rumah kemudian mendapat peluang emas ketika laga berjalan tujuh menit melalui sundulan Marcus Rashford yang masih melebar.

Manchester United dan Manchester City Kompak Menang TipisRomelu Lukaku sempat gagal mencetak gol pada menit awal laga menghadapi Southampton. (REUTERS/Phil Noble)
Semenit kemudian Man United menyamakan kedudukan berkat tembakan jitu Andreas Pereira dari luar kotak penalti yang membuat bola menghujam ke sudut kiri gawang Southampton.

Memasuki menit ke-59 Lukaku membawa Man United berbalik memimpin. Menerima umpan dari Pereira, pemain Belgia itu melakukan gerak tipu untuk mengelabui pemain Southampton sebelum melepas tendangan yang membuat bola melaju mendatar ke arah tiang jauh.

Skor kembali imbang ketika pertandingan memasuki menit ke-75. Tendangan bebas James Ward-Prowse ke sisi kanan gawang membuat De Gea tak berdaya. Skor kembali imbang 2-2

Satu menit menjelang waktu normal usai, Lukaku melepaskan tembakan akurat setelah menerima umpan dari Fred. Tendangan yang mengarahkan bola ke sudut kiri gawang tidak mampu dijangkau Gunn.

Pada waktu tambahan, Man United memiliki peluang lewat titik putih setelah Rashford dijatuhkan Stuart Armstrong. Tetapi eksekusi Pogba digagalkan Gunn. Skor 3-2 menjadi hasil akhir laga. Man United pun merangkak ke peringkat keempat klasemen dengan 58 poin atau unggul satu poin atas Arsenal.

Man City Menang di Kandang Bournemouth
Di Stadion Vitality, Man City mendominasi penguasaan bola sejak wasit meniup peluit tanda pertandingan dimulai.

Serangan The Citizens pun datang secara bergelombang melalui Sergio Aguero, Raheem Sterling, Ilkay Guendogan, Kevin de Bruyne, dan David Silva. Tuan rumah tidak bisa berbuat banyak dan sibuk bertahan. Kiper Artur Boruc pun menjalani tugas dengan tekanan demi tekanan.

Manchester United dan Manchester City Kompak Menang TipisDavid Silva mendapat pengawalan dari Dany Brooks. (Action Images via Reuters/Matthew Childs)
Tidak hanya para pemain depan atau gelandang, bek Man City Nicolas Otamendi juga turut melepaskan ancaman ke gawang Bournemouth. Namun tidak ada gol yang mampu dihasilkan anak asuh Pep Guardiola hingga turun minum.

Sang juara bertahan baru bisa mencetak gol ketika babak kedua berjalan 10 menit. Sebuah situasi kemelut di kotak penalti Bournemouth dituntaskan oleh Riyad Mahrez yang baru masuk pada akhir babak pertama menggantikan De Bruyne.

Setelah kebobolan Bournemouth baru berani keluar menyerang, tetapi upaya The Cherries menemui hambatan.

Pada menit ke-77 Man City memiliki kesempatan menggandakan keunggulan. Berhadapan satu lawan satu dengan Boruc, Sterling melepaskan umpan kepada Mahrez yang gagal membuat bola bersarang di gawang Bournemouth.

Menuju menit-menit akhir pertandingan, Manchester Biru kembali mendapat kans yang gagal berbuah gol. Man City akhirnya harus puas dengan kemenangan selisih satu gol. (nva/nva)