Kalahkan Sassuolo, Milan Depak Inter dari Posisi Tiga Besar

nva, CNN Indonesia | Minggu, 03/03/2019 02:00 WIB
Kalahkan Sassuolo, Milan Depak Inter dari Posisi Tiga Besar AC Milan masuk dalam zona tiga besar klasemen Liga Italia 2018/2019. (MARCO BERTORELLO / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- AC Milan berhasil meraih kemenangan atas Sassuolo dalam laga pekan ke-26 Liga Italia 2018/2019 sekaligus melangkahi Inter Milan di klasemen sementara.

Milan yang tidak terkalahkan di Liga Italia sejak akhir Desember 2018 menghadapi Sassuolo yang kini menghuni papan tengah.

Tim tamu datang dengan kepercayaan diri tinggi untuk menguasai bola. Selepas mendapat tekanan pada awal laga, Milan perlahan bangkit dan berani keuar menyerang. Hakan Calhanoglu dan Krzysztof Piatek menjadi andalan tuan rumah untuk mencetak gol.


Sassuolo tidak lama tampil bertahan. Filip Djuricic bahkan sempat membuat Gianluigi Donnarumma bersusah payah menjaga gawang Milan dari kebobolan.

Setelah peluang Djuricic, Milan mencoba bangkit. Lucas Paqueta dan Suso ikut aktif membongkar pertahanan Sassuolo.

Pada menit ke-35 gol bersarang di gawang Sassuolo. Bermula dari sepak pojok, bola kemudian mengenai kepala Manuel Locatelli. Mateo Musacchio dan Alessio Romagnoli yang berupaya menyongsong bola berduel dengan Pol Lirola. Bola pun bergulir masuk ke gawang yang dijaga Andrea Consigli. Beberapa sumber menyebut Pol Lirola mencetak gol bunuh diri, sementara sumber lainnnya mencantumkan Musacchio sebagai pencetak gol.

Kalahkan Sassuolo, Milan Depak Inter dari Posisi Tiga BesarAC Milan mencatatkan delapan laga tanpa kalah dalam ajang Serie A 2018/2019. (REUTERS/Stefano Rellandini)
Setelah kebobolan, Sassuolo memiliki peluang melalui Jeremie Boga yang melepaskan bola dan mengenai tiang pada menit ke-42. Bahkan dua menit kemudian Boga berhasil membobol gawang Milan, namun wasit menganulir karena offside setelah mengonfirmasi dengan VAR.

Sassuolo terus aktif menyerang Milan pada babak kedua. Djuricic kembali memiliki peluang pada menit ke-54.

Memasuki menit ke-64, Sassuolo harus bermain dengan 10 orang setelah kiper Consigli dikeluarkan wasit. Consigli yang gagal menghalau bola dengan sundulan langsung berupaya menghentikan pergerakan Piatek yang berupaya mengejar bola masuk ke kotak penalti. Kendati terlihat bukan sebuah tarikan hebat, Piatek terjatuh dan wasit menilai insiden tersebut merupakan pelanggaran yang patut diganjar kartu merah.

Keunggulan jumlah pemain menjadi keuntungan tersendiri bagi Milan untuk meredam Sassuolo yang tak mengendurkan serangan.

Menjelang pengujung laga, gelandang Milan Franck Kessie mengalami cedera. Gennaro Gattuso tidak dapat menarik Kessie karena sudah melakukan tiga kali pergantian pemain. Sassuolo pun berusaha memanfaatkan situasi tersebut.

Hingga laga usai, skor 1-0 untuk Milan tetap terjaga. Tambahan tiga poin dari San Siro membuat Milan kini memiliki 48 poin, unggul satu poin atas Inter.
Susunan pemain inti AC Milan:
Gianluigi Donnarumma; Davide Calabria, Mateo Musacchio, Alessio Romagnoli, Ricardo Rodriguez; Franck Kessie, Tiemoue Bakayoko, Lucas Paqueta; Suso, Krzysztof Piatek, Hakan Calhanoglu.

Susunan pemain inti Sassuolo:
Andrea Consigli; Pol Lirola, Merih Demiral, Gianmarco Ferrari, Federico Peluso; Manuel Locatelli, Francesco Magnanelli, Stefano Sensi; Domenico Berardi, Filip Djuricic, Jeremie Boga. (nva/nva)