Barcelona Kembali Kalahkan Real Madrid di Santiago Bernabeu

nva, CNN Indonesia | Minggu, 03/03/2019 04:40 WIB
Barcelona Kembali Kalahkan Real Madrid di Santiago Bernabeu Pemain Barcelona merayakan gol Ivan Rakitic. (REUTERS/Sergio Perez)
Jakarta, CNN Indonesia -- Real Madrid kembali mengalami kekalahan dari Barcelona di Stadion Santiago Bernabeu, kali ini dengan skor 0-1 dalam lanjutan Liga Spanyol 2018/2019 yang berlangsung Sabtu (2/3) waktu setempat.

Setelah laga El Clasico di ajang Copa del Rey, Madrid dan Barcelona kembali bertemu di ibu kota Spanyol dalam pekan ke-26 kompetisi domestik.

Pertandingan yang melibatkan dua kesebelasan raksasa Spanyol berlangsung dengan intensitas cukup tinggi sejak awal laga. Los Blancos dan Blaugrana silih berganti bertukar serangan dan saling pressing.


Barcelona memimpin pada menit ke-26. Ivan Rakitic memaksimalkan peluang yang didapat. Kerja sama dengan Sergi Roberto melalui umpan satu dua, Rakitic kemudian mengejar bola daerah. Kendati dibayang-bayangi Sergio Ramos, Rakitic masih mampu menjangkau bola dan melepas tembakan yang tak dapat dijangkau Courtois.

Madrid berupaya membalas gol dengan melakukan beragam variasi serangan. Umpan pendek, crossing, hingga bola mati. Sementara anak asuh Ernesto Valverde juga tidak terlena dengan keunggulan satu gol dan terus mencari peluang mencetak gol kedua.

Menjelang laga babak pertama bubar, tensi laga sempat meninggi lantaran Sergio Ramos membuat Lionel Messi terkapar. Dalam tayangan ulang terlihat gerakan tangan Ramos mengenai wajah Messi.

Barcelona Kembali Kalahkan Real Madrid di Santiago BernabeuGol Ivan Rakitic menjadi pembeda dalam laga Real Madrid dan Barcelona di pekan ke-26 Liga Spanyol 2018/2019. (REUTERS/Juan Medina)
Pertandingan pada babak kedua tidak mengalai perubahan berarti. Madrid dan Barcelona tidak kehilangan gairah mencetak gol.

El Real yang tampak kerap memanfaatkan sisi sayap mengoptimalkan keberadaan Vinicius dan Sergio Reguilon. Upaya Madrid mengeksploistasi sisi sayap tidak diimbangi dengan kemampuan memproduksi umpan-umpan akhir yang baik sehingga tidak melahirkan peluang berarti.

Pada menit ke-56 Vinicius mencoba melakukan penyelesaian akhir yang masih mampu dihalau Ter Stegen.

Dua menit berselang giliran kerja sama Arthur dan Jordi Alba yang membuat pertahanan Madrid dalam ancaman. Beruntung bagi tuan rumah penyelesaian Alba masih melenceng.

Vinicius kembali menghadirkan ancaman pada menit ke-59 yang berakhir dengan blok dari Lenglet.

Barcelona mencoba bermain sabar dan menunggu celah di pertahanan Madrid. Memasuki menit ke-70 Messi yang melihat ruang memberikan bola kepada Ousmane Dembele. Skor tidak berubah karena sepakan Dembele masih melebar.

Kesulitan menembus pertahanan solid Barcelona, Vinicius dan Casemiro berupaya melepaskan tendangan-tendangan jarak jauh yang tidak akurat.

Pada pengujung laga Barcelona kian nyaman memainkan bola sementara Madrid yang seperti diburu waktu berupaya langsung mengarahkan bola ke sepertiga akhir lapangan.

Skor 1-0 yang bertahan hingga laga bubar membuat Barcelona mengumpulkan 60 poin atau unggul 10 poin dari Atletico Madrid dan 12 poin dari Real Madrid.

Susunan pemain inti Real Madrid:
Thibaut Courtois; Dani Carvajal, Sergio Ramos, Raphael Varane, Sergio Reguilon; Luka Modric, Casemiro, Toni Kroos; Gareth Bale, Karim Benzema, Vinicius.

Susunan pemain inti Barcelona:
Marc-Andre ter Stegen; Sergi Roberto, Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba; Ivan Rakitic, Sergio Busquets, Arthur; Lionel Messi, Luis Suarez, Ousmane Dembele. (nva/nva)