Kiper Napoli Disebut Korban Diving Cristiano Ronaldo

CNN Indonesia | Senin, 04/03/2019 12:05 WIB
Kiper Napoli Disebut Korban <i>Diving</i> Cristiano Ronaldo Kiper Napoli Alex Meret disebut sebagai korban diving bintang Juventus Cristiano Ronaldo. (REUTERS/Ciro De Luca)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kiper Napoli Alex Meret, disebut sebagai korban aksi diving Cristiano Ronaldo saat Juventus mengalahkan tim tersebut 2-1 pada Liga Italia Serie A 2018/2019 di Stadion San Paolo, Minggu (3/3) malam waktu setempat.

Meret mendapat kartu merah dari wasit Gianluca Rocci pada menit ke-28 karena dianggap melakukan pelanggaran berbahaya kepada Ronaldo di depan kotak penalti.

Ronaldo terpaksa dihentikan lajunya oleh Meret pada menit ke-25 setelah bintang asal Portugal itu menyambar bola operan bek Napoli Kevin Malcuit kepada sang kiper yang bergulir lemah.


Mantan penyerang Real Madrid itu langsung berlari kencang untuk masuk ke dalam kotak penalti. Meret segera keluar dari kotak penalti untuk mengadang Ronaldo.

Sialnya ia mendapat kartu merah langsung usai pemain lawannya itu terjatuh. Namun, sejumlah pihak termasuk para netizen berkomentar Ronaldo melakukan diving.

Pelatih I Partenopei, Carlo Ancelotti pun secara tersirat melalui pernyataannya menganggap Ronaldo melakukan diving atau pura-pura terjatuh diadang Meret.

"Kartu merah Meret? Jelas sekali itu keputusan kontroversial [dari wasit]. Ia [Meret] tidak menyentuhnya [Ronaldo], tapi seharusnya yang dihukum adalah upaya dia untuk mengadangnya."

"Banyak sekali yang seharusnya jadi bahan pertimbangan, contohnnya adalah arah bola. Sekarang ada VAR [Video Assistant Referee] di sana, kenapa tak coba dilihat lebih dekat lagi rekamannya? Ada sejumlah elemen lain yang seharusnya jadi pertimbangan," ujar Ancelotti dikutip dari Calcio Mercato.

Cristiano Ronaldo dianggap diving saat diadang kiper Napoli Alex Meret. (Cristiano Ronaldo dianggap diving saat diadang kiper Napoli Alex Meret. (Foto: REUTERS/Ciro De Luca)
Dalam tayangan ulang, memang terlihat kaki kanan Meret mencoba mengadang kaki Ronaldo yang tengah berlari kencang dan menggocek ke kiri. Namun, tidak jelas kaki kedua pemain itu bersentuhan atau tidak karena sudut pandang kamera di belakang penjaga gawang 21 tahun tersebut.

Bersentuhan atau tidak, Ronaldo memang melompat untuk menghindari adangan Meret beberapa saat sebelum ia terjatuh.

Berkat pelanggaran itu, Juventus melesakkan gol pertama mereka melalui tendangan bebas yang dilepaskan Miralem Pjanic pada menit ke-28. Gol kedua La Vecchia Signora dilesakkan Emre Can pada menit ke-39.

Sedangkan satu-satunya gol Napoli dilesakkan Jose Callejon pada menit ke-61. (bac/sry)