Daftar Perburuan Sepatu Emas Eropa: Mbappe Ancam Messi

CNN Indonesia | Senin, 04/03/2019 19:34 WIB
Daftar Perburuan Sepatu Emas Eropa: Mbappe Ancam Messi Kylian Mbappe makin mendekati perolehan gol Lionel Messi. (REUTERS/Phil Noble)
Jakarta, CNN Indonesia -- Daftar top skor lima liga top Eropa masih dikuasai bintang Barcelona Lionel Messi. Namun, La Pulga mendapat ancaman serius dari penyerang muda Paris Saint Germain Kylian Mbappe.

Kendati gagal meraih Ballon d'Or 2017/2018, Messi tetap membuktikan diri sebagai salah satu penyerang terbaik dunia setelah berhasil menghuni daftar pencetak gol sementara di Liga Spanyol.

Pria asal Argentina tersebut berhak memuncaki daftar pencetak gol sementara dengan koleksi 25 gol dan 13 assist di La Liga Spanyol.


Jumlah gol tersebut belum termasuk torehan delapan gol yang dilesakkan Messi di Liga Champions (enam gol) dan Copa del Rey (2 gol).

Jika biasanya Messi bersaing ketat dengan Cristiano Ronaldo dalam urusan mencetak gol untuk perburuan sepatu emas Eropa, kali ini Kylian Mbappe yang jadi rival terdekatnya.

Jumlah gol Cristiano Ronaldo masih di bawah Lionel Messi dan Kylian Mbappe.Jumlah gol Cristiano Ronaldo masih di bawah Lionel Messi dan Kylian Mbappe. (REUTERS/Alberto Lingria)
Saat ini Mbappe sudah mengoleksi 24 gol atau hanya tertinggal satu gol dari torehan Lionel Messi. Ronaldo yang memutuskan hijrah ke Juventus memang tidak kehilangan naluri dalam urusan mencetak gol. Namun, sejauh ini jumlah golnya masih di bawah Messi dan Mbappe.

CR7 saat ini baru mengemas 19 gol dari total 26 penampilan di Serie A Liga Italia. Pundi-pundi golnya masih bisa bertambah mengingat Juve terlalu dominan di kompetisi domestik.

Ronaldo berpeluang menambah koleksi golnya bersama Juve yang nyaman di puncak klasemen Liga Italia dengan jarak 16 poin dari rival terdekatnya, Napoli.

Jumlah gol Ronaldo disamai penyerang veteran Sampdoria, Fabio Quagliarella dibuntuti Krzysztof Piatek yang sukses mencatat 18 gol bersama Genoa dan AC Milan.

Daftar Top Skor di Liga-liga Eropa

1. Lionel Messi (Barcelona, 25 gol)
2. Kylian Mbappe (PSG, 24 gol)
3. Cristiano Ronaldo (Juventus, 19 gol)
4. Fabio Quagliarella (Sampdoria, 19 gol)
5. Krzysztof Piatek (Genoa/AC Milan, 18 gol)
6. Sergio Aguero (Manchester City, 18 gol)
7. Edinson Cavani (PSG, 17 gol)
8. Mohamed Salah (Liverpool, 17 gol)
9. Harry Kane (Tottenham, 16 gol)
10. Luis Suarez (Barcelona, 16 gol) (jun/ptr)