Menyambut Kemeriahan MotoGP 2019

CNN Indonesia | Jumat, 08/03/2019 10:01 WIB
Menyambut Kemeriahan MotoGP 2019 MotoGP 2019 akan segera bergulir dan dimulai dari seri MotoGP Qatar. (REUTERS/Lai Seng Sin)
Jakarta, CNN Indonesia -- MotoGP 2019 akan segera bergulir. Menarik menanti persaingan di musim baru setelah sejumlah perubahan yang terjadi.

Marc Marquez yang tampil dominan sejak naik kelas ke MotoGP pada 2013 tentu tetap jadi sorotan utama. Marquez sukses memenangkan lima gelar juara dunia dalam enam musim yang ia jalani.

Untuk musim ini, hal yang paling menarik perhatian jelas pada sosok Jorge Lorenzo. Pebalap berjuluk X-Fuera ini hijrah ke Repsol Honda, tempat Marquez berkuasa. Meski di awal musim hubungan Marquez-Lorenzo masih harmonis, namun karakter juara dalam diri mereka adalah salah satu hal yang bisa menyulut rivalitas panas di garasi Honda.


Yamaha yang sudah dipermalukan Honda dalam tiga musim terakhir terus bekerja keras sejak tes musim lalu. Valentino Rossi dan Maverick Vinales sudah merasakan peningkatan performa motor meski belum mencapai hasil maksimal.
Yamaha berusaha keras memperbaiki performa sejak tes musim lalu.Yamaha berusaha keras memperbaiki performa sejak tes musim lalu. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Perkembangan motor Ducati juga tak bisa diremehkan dalam persaingan menuju juara. Musim lalu, Andrea Dovizioso mengalami nasib sial di beberapa seri sehingga memudahkan Marquez jadi juara dunia. Kali ini, Dovizioso bakal lebih siap. Selain itu, Danilo Petrucci juga tak akan butuh banyak adaptasi bersama Ducati karena sebelumnya sudah menunggangi motor Ducati di Pramac.

Meski perburuan juara dunia sepertinya akan berkutat dari tiga pabrikan tersebut, namun tim-tim lain seperti Suzuki dan Red Bull KTM tidak bisa dipandang sebelah mata.
Andrea Dovizioso bisa jadi pesaing serius dalam perburuan gelar juara.Andrea Dovizioso bisa jadi pesaing serius dalam perburuan gelar juara. (Mohd RASFAN / AFP)
Suzuki punya Alex Rins yang terbukti punya potensi untuk mengganggu perburuan menuju podium di sejumlah seri. Suzuki kini juga punya Joan Mir, pebalap rookie yang bisa dianggap sebagai kuda hitam musim ini.

KTM juga tidak bisa mengganggu persaingan karena memiliki Johann Zarco. Zarco terbukti bisa tampil cepat ketika menunggangi Yamaha Tech 3.

MotoGP 2019 akan memanggungkan 19 seri dan seri pertama bakal dimulai di Qatar, 10 Maret. Selamat mengikuti, selamat menikmati.

Live streaming MotoGP Qatar 2019 di Sirkuit Losail, Minggu (10/3), bisa disaksikan melalui CNNIndonesia.com. (ptr/har)