Blunder Buffon dan Liga Champions Terakhir

CNN Indonesia | Kamis, 07/03/2019 13:59 WIB
Blunder Buffon dan Liga Champions Terakhir Gianluigi Buffon usai PSG dikalahkan Manchester United. (Martin BUREAU / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gianluigi Buffon benar-benar tidak berjodoh dengan gelar Liga Champions setelah Paris Saint-Germain dikalahkan Manchester United 1-3 pada leg kedua 16 besar di Stadion Parc Des Princes, Rabu (6/3) malam waktu setempat.

Gawang Buffon dua kali dibobol Romelu Lukaku dan satu penalti Marcus Rashford. PSG yang hanya mampu mencetak satu gol lewat Juan Bernat harus tersingkir dari Liga Champions setelah kalah produktivitas gol tandang dari Man United.

Penampilan Buffon menjadi salah satu penyebab kekalahan PSG. Kiper 41 tahun itu melakukan blunder yang berujung pada gol kedua Lukaku. Buffon gagal mengantisipasi dengan sempurna tendangan spekulasi Rashford dari luar kotak penalti.


Usai laga PSG vs Man United Buffon terlihat berjalan meninggalkan lapangan dengan wajah yang kosong. Reaksi mantan kapten Juventus itu bisa dipahami. Pasalnya, laga PSG vs Man United dini hari tadi bisa menjadi penampilan terakhirnya di Liga Champions.

Gianluigi Buffon saat melakukan blunder gol kedua Man United.Gianluigi Buffon saat melakukan blunder gol kedua Man United. (Martin BUREAU / AFP)
Kontrak Buffon dengan PSG hanya satu tahun dan mantan kapten timnas Italia itu kemungkinan besar akan pensiun akhir musim ini. Jika itu yang terjadi, maka Liga Champions merupakan salah satu gelar bergengsi yang belum pernah diraih Buffon.

Buffon pernah tiga kali tampil di final Liga Champions bersama Juventus pada 2003, 2015, dan 2017. Pada 2003 Juventus kalah adu penalti dari AC Milan di laga final, kalah 1-3 dari Barcelona di final 2015 dan kalah 1-4 dari Real Madrid pada final 2017.

Gianluigi Buffon dua kali dibobol Romelu Lukaku saat PSG dikalahkan Man United.Gianluigi Buffon dua kali dibobol Romelu Lukaku saat PSG dikalahkan Man United. (REUTERS/Benoit Tessier)
Ironisnya dalam dua musim terakhir Buffon tersingkir dengan cara menyakitkan. Musim lalu Buffon bersama Juventus disingkirkan Madrid lewat penalti Cristiano Ronaldo pada menit ke-98. Ketika itu Buffon mendapat kartu merah karena melakukan protes berlebihan terhadap wasit Michael Oliver.

Menariknya, Sky Sports Italia mengklaim PSG akan mengajukan penawaran kontrak baru dua tahun untuk Buffon akhir musim ini. Jika kabar itu benar maka Buffon masih punya waktu dua tahun untuk merebut Liga Champions dan akan aktif bermain hingga 43 tahun. (har/bac)