Rekap Hasil Lengkap Leg Pertama Babak 16 Besar Liga Europa

sry, CNN Indonesia | Jumat, 08/03/2019 07:15 WIB
Rekap Hasil Lengkap Leg Pertama Babak 16 Besar Liga Europa Chelsea menang 3-1 atas Dynamo Kyiv. (REUTERS/Eddie Keogh)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah kejutan terjadi di leg pertama babak 16 besar Liga Europa yang digelar pada Jumat (8/3) dini hari.

Tim-tim besar Eropa yang sejak awal diunggulkan meraih kemenangan di pertemuan pertama itu justru mengalami kegagalan.

Arsenal yang bertandang ke markas klub Ligue 1 Stade Rennes di Stadion Roazon Park justru menelan kekalahan 1-3.

Padahal tim tamu bisa unggul cepat lebih dulu melalui Alex Iwobi pada menit ketiga yang memanfaatkan umpan Nacho Monreal.


Tuan rumah Rennes baru bisa menyamakan kedudukan jelang babak pertama berakhir lewat gol Bourigeaud di menit ke-42.

Gol bunuh diri Monreal menit ke-65 membuat Rennes berbalik unggul, hingga akhirnya Sarr memberikan kemenangan 3-1 untuk Rennes lewat golnya di menit ke-88.

Arsenal tumbang di markas Rennes.Arsenal tumbang di markas Rennes. (REUTERS/Stephane)
Hasil tersebut membuat langkah Arsenal lolos ke babak berikutnya cukup berat. Saat bermain di leg kedua di kandang sendiri pada Kamis (14/3) waktu setempat Arsenal harus menang dengan margin 3 gol.

Kejutan lain yang terjadi di leg pertama ini adalah tumbangnya tim besar Liga Portugal, Benfica, di kandang Dinamo Zagreb 1-0. Gol tunggal Bruno Petkovic di menit ke-38 melalui titik penalti memberikan Zagreb modal untuk leg kedua di kandang Benfica.


Kesialan juga dialami Sevilla yang ditahan imbang tim asal Republik Ceko Slavia Prageu 2-2. Skor akhir itu menjadi kerugian bagi Sevilla karena bermain di kandang sendiri di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan.

Napoli menang atas Salzburg.Napoli menang atas Salzburg. (REUTERS/Ciro De Luca)

Di leg kedua di kandang Prague, Sevilla memiliki tugas berat untuk memenangi laga tersebut jika ingin lolos ke babak berikutnya. Sedangkan Prague hanya perlu kembali menahan Sevilla dengan skor 0-0 atau 1-1. Karena hasil itu sudah cukup membawa Prague menang dengan produktivitas gol tandang.

Raksasa Serie A Inter Milan juga gagal menang setelah ditahan imbang Eintracht Frankfurt 0-0. Bermain di Commerzbank Arena, Frankfurt tampil mendominasi dengan sejumlah peluang gol.

Berbeda dengan Arsenal, tim asal London lainnya Chelsea tampil apik saat menjamu Dynamo Kyiv dengan menang telak 3-0. Gol-gol kemenangan Chelsea dilesakkan Pedro, Willian, dan Hudson-Odoi.

Tim papan atas klasemen Serie A musim ini Napoli juga tak ingin membuang kesempatan jadi tuan rumah di leg pertama babak 16 besar. Tampil di San Paolo, Napoli memenangi pertandingan dengan skor 3-0 lewat gol Arkadiusz Milik, Fabian Ruiz dan gol bunuh diri Jerome Onguene.

Sementara itu, duo tim asal Spanyol, Valencia dan Villarreal, seperti enggan mengikuti langkah Sevilla yang gagal menang di leg pertama.

Valencia mengalahkan wakil Rusia, Krasnodar, dengan skor 2-1. Sedangkan Villarreal meraih kemenangan penting di kandang Zenit St. Petersburg 3-1.

Hasil Leg Pertama Babak 16 Besar Liga Europa 2018/2019:

Chelsea 3-0 Kyiv
Frankfurt 0-0 Inter
Zagreb 1-0 Benfica
Napoli 3-0 Salzburg
Valencia 2-1 Krasnodar
Sevilla 2-2 Praha
Rennes 3-1 Arsenal
Zenit 1-3 Villarreal (sry)