Fajar/Rian Kalah dari Ganda Malaysia di Semifinal All England

CNN Indonesia | Minggu, 10/03/2019 05:24 WIB
Fajar/Rian Kalah dari Ganda Malaysia di Semifinal All England Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto gagal lolos ke final All England 2019. (dok. PBSI)
Jakarta, CNN Indonesia -- Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto tersingkir dari All England 2019 setelah kalah dari ganda Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik, 21-12, 20-22, 19-21.

Fajar/Rian memulai laga dengan sangat baik. Lewat permainan menyerang dan cepat, Fajar/Rian memimpin 6-3 dan berlanjut menjadi 8-5. Aaron/Soh berhasil merebut tiga poin beruntun dan menyamakan skor menjadi 8-8.

Setelah sempat memimpin 9-8, servis Fajar yang di-foul membuat skor kembali sama kuat, 9-9. Tetapi Fajar berhasil membayar kesalahan dengan dua pukulan bagus yang membuat Fajar/Rian unggul 11-9 di saat interval.


Tekanan Fajar/Rian tambah kuat setelah interval. Mereka berhasil menciptakan selisih enam poin, 16-10. Tak mau buang kesempatan, Fajar/Rian terus menekan dan mendapatkan game point pada angka 20-12 lewat smes silang Rian. Fajar/Rian langsung memaksimalkan kesempatan pertama dan menutup gim pertama dengan skor 21-12.

Start Fajar/Rian di gim kedua juga terbilang bagus karena mereka unggul 3-1. Namun setelah itu sejumlah kesalahan membuat Fajar/Rian berbalik tertinggal 6-9. Dalam kondisi tertinggal, Fajar/Rian kembali menunjukkan skema serangan yang kuat dan berhasil menyamakan skor menjadi 9-9.

Usai tertinggal 9-11 di saat interval, Fajar/Rian langsung berbalik unggul 12-11 lewat catatan tiga poin beruntun.Momentum baik itu gagal dijaga Fajar/Rian sehingga mereka kembali tertinggal 12-15.
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto gagal mewujudkan All Indonesian Final di All England 2019.Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto gagal mewujudkan All Indonesian Final di All England 2019. (Foto: dok. PBSI)
Fajar/Rian berusaha keras mengejar namun kemudian ganda Malaysia berhasil meraih game point pada angka 20-17. Dalam situasi terdesak, Fajar/Rian sukses memaksa Aaron/Soh melakukan kesalahan sehingga skor sama kuat, 20-20.

Sayangnya, Fajar/Rian gagal melanjutkan momentum baik yang sedang ada pada diri mereka. Fajar/Rian dua kali gagal mengembalikan shuttlecock sehingga laga harus berlanjut ke rubber game usai ganda Malaysia menang 22-20 di gim kedua.

Pada gim penentuan, Fajar/Rian sempat tertinggal 1-3 di awal permainan. Namun kemudian mereka mampu menyamakan skor pada angka 6-6. Pertandingan makin sengit lantaran kedua ganda bergantian unggul.  Interval gim penentuan ada di angka 11-10 untuk keunggulan ganda Malaysia.

Dua pukulan out yang dilakukan Fajar/Rian menempatkan ganda Malaysia memimpin 13-10. Serangan smes beruntun dari Soh mengantar ganda Malaysia tersebut unggul 15-12.

Serangan Aaron/Soh makin terlihat berbahaya seiring kepercayaan diri mereka yang bertambah dan mereka menjauh di angka 16-12. Fajar/Rian lalu memberikan respons dengan tepat. Serangan-serangan Fajar/Rian membuahkan empat poin beruntun dan skor sama kuat di angka 16-16.

Pukulan Soh yang membentur net menguntungkan Fajar/Rian. Sayangnya, servis Rian yang gagal membuat skor menjadi 17-17. Sebuah reli sengit terjadi dan berujung pada keberhasilan Aaron/Soh mendapatkan poin yang membuat mereka kembali unggul 18-17.

Rian lalu menyamakan kedudukan menjadi 18-18 lewat smes keras dari depan net. Tekanan dari ganda Malaysia yang gagal dikembalikan Rian membuat Aaron/Soh unggul 19-18.

Fajar/Rian kembali membuat skor imbang menjadi 19-19.  Tetapi kesalahan servis Rian membuat Aaron/Soh mendapat match point di angka 20-19. Kesalahpahaman Fajar/Rian di kesempatan selanjutnya membuat Aaron/Soh menutup pertandingan dengan skor 21-19. (ptr/ptr)


BACA JUGA