Jelang MotoGP Qatar, Dorna Promosikan MotoGP Indonesia

CNN Indonesia | Minggu, 10/03/2019 15:04 WIB
Jelang MotoGP Qatar, Dorna Promosikan MotoGP Indonesia Kawasan Mandalika akan dibangun sirkuit MotoGP. (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/ama)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dorna mempromosikan MotoGP Indonesia yang rencananya digelar pada 2021 mendatang sebelum balapan pembuka musim 2019 di MotoGP Qatar di Sirkuit Losail, Minggu (10/3) malam.

Di sela-sela latihan bebas pada Sabtu (9/3) waktu setempat, perwakilan Dorna, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Mrk1 Consulting MD, dan pebalap Indonesia Dimas Ekku menghadiri konferensi pers soal MotoGP Indonesia.

Menurut CEO Dorna, Carmelo Ezpelata, upaya pihaknya menggelar MotoGP Indonesia sudah dimulai sejak 1996 hingga 1997 di Sentul. Indonesia menjadi target menggelar MotoGP karena merupakan salah satu negara pengguna sepeda motor terbanyak di dunia.


"Kami tahu balap motor terutama MotoGP adalah olahraga penting untuk Indonesia. Kami sudah mencoba segala kemungkinan, tetapi akhirnya tidak memungkinkan juga. Jika semuanya berjalan baik kami akan menggelar MotoGP di Indonesia pada 2021," ujar Ezpeleta dikutip dari situs resmi MotoGP.

Lebih dari itu dikutip dari Speedweek, Ezpelata menyebut sirkuit di Mandalika, Lombok, merupakan lokasi yang unik. Sebelumnya, beberapa tempat seperti di Sirkuit Sentul atau Palembang disebut Ezepelata sempat diajukan untuk menggelar MotoGP di Indonesia.

"MotoGP Indonesia akan menjadi sesuatu yang spesial. Bagi kami ini langkah penting untuk masa depan MotoGP," ucap Ezepeleta.

MotoGP Indonesia menjadi sorotan karena berpeluang sebagai yang pertama menggelar balapan motor kelas dunia di sirkuit jalanan, bukan sirkuit permanen.

Disebut Mrk1 Consulting MD Mark Hughes, sirkuit di Mandalika nanti memiliki panjang 4,32 kilometer dengan 19 tikungan. Hughes juga memaparkan sirkuit ini akan menjadi sarana publik ketika tidak digunakan untuk balapan.

"Trek balap sudah didesain dan akan dibangun sesuai jarak aman MotoGP dari FIM," tutur Hughes.

Sementara, Head of Investment dan Marketing ITDC Ricky Baheramsjah mengatakan, MotoGP di Mandalika menjadi visi dan tujuan utama dalam mengintegrasikan tujuan wisata di Indonesia.

ITDC juga sudah menyiapkan dana sebesar $AS25 juta untuk membangun konstruksi dan infrastruktur dasar penyelenggaraan MotoGP pada 2021.

"Untuk fokus pada deadline di 2021, kami fokus pada insfrastruktur dasar dan fasilitas yang diperlukan untuk menyelenggarakan ajang balap klas dunia itu," kata Ricky. (sry/sry)