Kesalahan Jelang Finis Jadi Kunci Dovizioso Kalahkan Marquez

CNN Indonesia | Senin, 11/03/2019 12:43 WIB
Kesalahan Jelang Finis Jadi Kunci Dovizioso Kalahkan Marquez Pebalap Ducati Andrea Dovizioso memenangi pertarungan dengan pebalap Repsol Honda Marc Marquez pada MotoGP Qatar 2019. (REUTERS/Ibraheem Al Omari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pebalap Ducati Andrea Dovizioso mengaku kesalahan yang dibuatnya jelang finis menjadi kunci meraih gelar MotoGP Qatar 2019.

Dovizioso langsung melesat ke posisi pertama di awal balapan. Setelah itu, pebalap berusia 32 tahun terus berada di depan meski sempat disusul pebalap Suzuki Alex Rins.

Dovizioso kemudian berhasil melewati Rins dan terus berupaya mempertahankan posisi tersebut dari ancaman pebalap asal Spanyol tersebut dan rider Repsol Honda, Marc Marquez.


Namun, ia melakukan kesalahan karena terlalu melebar saat melibas tikungan dan disalip Marquez. Dovi membayar lunas kesalahannya setelah berhasil menyalip Marquez di tikungan terakhir jelang finis.

Pebalap Ducati Andrea Dovizioso merayakan kemenangan di MotoGP Qatar 2019 bersama staf tim (REUTERS/Ibraheem Al Omari)
"Saat saya melakukan kesalahan di tikungan ganda, saya melihat dia (Marquez) kesulitan dengan ban belakang," ujar Dovi.

"(Kondisi itu) memberikan saya motivasi ekstra. Saya tahu Marc akan coba menyalip saya, namun jika saya keluar dengan sangat cepat, sulit baginya untuk menyusul saya lagi. Jika dia ingin menyalip, dia harus mengambil risiko besar."

Kemenangan di MotoGP Qatar merupakan ulangan bagi Dovi di seri yang sama musim lalu. Di MotoGP Qatar 2018, rider asal Italia itu juga berhasil mengalahkan Marquez.

Tahun lalu, Dovi unggul 0,027 detik dari Marquez di Sirkuit Losail. Sedangkan tahun ini, Marquez berada 0,023 detik di belakang pembalap Ducati tersebut.

Dovi finis terdepan mengungguli Marquez dan pebalap LCR Honda Cal Crutchlow. Sementara pebalap Monster Energy Yamaha Valentino Rossi finis di posisi kelima meski memulai lomba dari posisi ke-14. (jal/nva)