Naik 9 Posisi di MotoGP Qatar, Rossi Spesialis Pebalap Minggu

CNN Indonesia | Senin, 11/03/2019 16:05 WIB
Naik 9 Posisi di MotoGP Qatar, Rossi Spesialis Pebalap Minggu Valentino Rossi finis kelima di MotoGP Qatar 2019 setelah start dari posisi 14. (KARIM JAAFAR / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pebalap Yamaha Valentino Rossi kembali menunjukkan kenapa predikat 'Pebalap Minggu' layak disandangnya usai finis di posisi kelima pada balapan MotoGP Qatar 2019 di Sirkuit Internasional Losail, Minggu (10/3).

Start dari posisi ke-14, Rossi menampilkan performa yang apik pada balapan MotoGP Qatar dengan finis di posisi kelima. The Doctor bahkan berpeluang meraih podium andai punya beberapa lap tambahan untuk menyalip Cal Crutchlow dan Alex Rins. Rossi finis 0,2 detik di belakang Crutchlow yang meraih podium ketiga.

Sejak musim lalu Rossi sering mendapat pujian karena selalu tampil luar biasa pada hari H balapan meski sering terpuruk di babak kualifikasi. Kondisi itu kembali terjadi pada balapan MotoGP Qatar 2019.


Sempat mendapat kritikan karena terpuruk sejak latihan bebas kedua hingga babak kualifikasi, Rossi menunjukkan kualitas sesungguhnya saat balapan MotoGP Qatar. Rossi bahkan berhasil finis dua posisi di depan rekan setimnya, Maverick Vinales, yang start dari posisi pole.

Valentino Rossi terlihat tenang jelang balapan MotoGP Qatar 2019.Valentino Rossi terlihat tenang jelang balapan MotoGP Qatar 2019. (REUTERS/Ibraheem Al Omari)
Menariknya dalam konferensi pers jelang balapan MotoGP Qatar, Vinales sempat penasaran dengan kemampuan Rossi yang berbeda 180 derajat dari babak kualifikasi dengan saat balapan di hari Minggu.

Valentino Rossi menjadi pebalap Yamaha tercepat di MotoGP Qatar 2019.Valentino Rossi menjadi pebalap Yamaha tercepat di MotoGP Qatar 2019. (REUTERS/Ibraheem Al Omari)
"Jika saya bisa mengetahui rahasia pebalap manapun, mungkin apa yang Rossi lakukan di hari Minggu, karena dia selalu ada di depan. Jika dia mau memberitahunya saya pasti akan mencatat," ujar Vinales.


Rossi sendiri tetap kecewa dengan performa sepeda motor YZR-M1 Yamaha meski berhasil finis di posisi lima. Pebalap asal Italia itu mengatakan Yamaha belum mampu mengatasi masalah cengkeraman ban belakang dan traksi.

"Masalahnya hampir sama dengan tahun lalu. Saya finis kelima yang merupakan hasil bagus, terutama hanya 0,6 detik dari pemenang. Di beberapa area kami meningkat, tapi sayangnya kami selalu bermasalah dengan cengkeraman ban belakang," ujar Rossi dikutip dari Crash. (har/bac)