Vietnam Lebih Takut Thailand Daripada Timnas Indonesia U-23

CNN Indonesia | Selasa, 12/03/2019 03:47 WIB
Vietnam Lebih Takut Thailand Daripada Timnas Indonesia U-23 Timnas Indonesia U-22 pernah mengalahkan Vietnam 1-0 di semifinal Piala AFF U-22 2019 di Phnom Penh. (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih timnas Vietnam U-23, Park Hang-seo, mengakui skuatnya lebih takut menghadapi Thailand ketimbang Timnas Indonesia U-23.

Vietnam berada satu grup dengan skuat Gajah Perang, Merah Putih, dan Brunei Darussalam pada laga Grup K kualifikasi Piala Asia U-23 2020 yang akan berlangsung 22-26 Maret di Hanoi, Vietnam.

Kekuatan Indonesia rupanya tidak masuk hitungan Hang-seo sebagai tim yang difavoritkan lolos ke putaran final Piala Asia U-23 dari fase grup. Pelatih asal Korea Selatan itu justru banyak menyoroti kekuatan Thailand yang disebutnya selalu menjadi momok.


"Saya sangat paham, di masa lalu ketika bertemu Thailand, para pemain Vietnam kerap secara psikis mengalami ketakutan."

"[Rasa minder itu] berasal dari level yang berbeda atau dari catatan pertemuan tim yang lebih banyak [Vietnam] mengalami kekalahan dibandingkan kemenangan. Itu merupakan tekanan yang tidak terlihat yang membuat Vietnam bermain buruk. Namun sekarang, saya percaya para pemain tak perlu lagi memiliki perasaan itu lagi," terang Hang-seo dikutip dari media Vietnam, Bongda.

Pelatih timnas Vietnam U-23 Park Hang-seo mengakui skuatnya lebih takut menghadapi Thailand ketimbang Timnas Indonesia U-23. (Pelatih timnas Vietnam U-23 Park Hang-seo mengakui skuatnya lebih takut menghadapi Thailand ketimbang Timnas Indonesia U-23. (Foto: ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)
Hang-seo pun mengatakan Thailand masih menjadi tim terkuat di Asia Tenggara baik di level senior hingga ke tingkat kelompok umur.

"Saya katakan [soal optimisme Vietnam] tak lantas menjadikan kualitas Thailand menurun. Mereka tetap tim kuat. Namun, target Vietnam saat ini lebih tinggi."

Vietnam Lebih Takut Thailand Daripada Timnas Indonesia U-23
"Kami harus menargetkan Korea Selatan dan Jepang harus menjadi pesaing kami ke depannya. Memang masih ada kesenjangan [kualitas], namun begitu para pemain bertekad seperti itu, kami akan menjadi semakin kuat dan percaya diri," ujar Hang-seo.

Vietnam sendiri bermain imbang tanpa gol pada laga penyisihan Grup A Piala AFF U-22 di Phnom Penh, Kamboja. The Golden Stars justru kalah 0-1 dari Timnas Indonesia U-22 pada laga semifinal. (bac/har)