Bela Timnas Indonesia U-23, Saddil Dapat Dukungan Penuh Klub

CNN Indonesia | Selasa, 12/03/2019 01:46 WIB
Bela Timnas Indonesia U-23, Saddil Dapat Dukungan Penuh Klub Saddil Ramdani menegaskan ia mendapat dukungan penuh dari klubnya untuk memperkuat Timnas Indonesia U-23. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Winger Timnas Indonesia U-23, Saddil Ramdani menegaskan bahwa ia mendapat dukungan penuh dari klubnya, Pahang FA untuk membela tim nasional.

Nama Saddil sempat ikut dipanggil ke Timnas Indonesia U-22 pada persiapan ke Piala AFF U-22 di Kamboja lalu. Saat itu Pahang FA tidak memberikan izin kepada Saddil yang baru saja bergabung meskipun ada dua pemain Timnas Malaysia yang diizinkan untuk bergabung mengikuti pemusatan latihan.

Saddil menyebut kegagalannya membela Timnas Indonesia U-22 bukan lantaran Pahang FA tidak memberikan dukungan penuh untuk karier Saddil di tim nasional.


"Memang [tidak boleh] karena di sana juga posisinya Piala AFF bukan resmi [agenda] FIFA. Saya juga baru gabung di Pahang, jadi saya harus adaptasi sama tim dan teman-teman di sana. Jadi itu alasan mereka tidak mengizinkan," terang Saddil, Senin (11/3).
Saddil Ramdani sempat absen membela Timnas Indonesia di ajang Piala AFF U-22.Saddil Ramdani sempat absen membela Timnas Indonesia di ajang Piala AFF U-22. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
Saddil megaku bersyukur lantaran saat ini ia diizinkan klubnya untuk membela Timnas Indonesia U-23 tampil di kualifikasi Piala Asia U-23 sampai selesai. Sesuai jadwal, kualifikasi Piala Asia U-23 bakal digelar di Vietnam mulai 22-26 Maret mendatang.

"Saya pertegas lagi, saya sendiri tidak dipersulit. Cuma, karena saya harus beradaptasi sama pemain dan pertandingan jadi butuh waktu. Bukan saya tidak boleh, tapi mereka selalu menetapkan profesionalisme. Bukan buat peraturan sendiri tapi ikut aturan FIFA. Karena Malaysia sama dengan Indonesia jadi mereka saling menghargai," tuturnya.

Di Pahang FA, Saddil menyebut ada tiga pemain yang dipersilakan untuk kembali ke timnas masing-masing. Selain Saddil, ada dua pemain lainnya yang merupakan bagian dari Timnas Malaysia.

Mantan pemain Persela Lamongan berusia 20 tahun itu pun mengaku mendapat dukungan dari teman-temannya di Pahang FA untuk membela Timnas Indonesia U-23, termasuk dari kapten Tim Pahang FA, Matthew Davies.

"Kapten saya [di Pahang FA], Matt Davies mereka selalu mendukung. Mereka bilang 'kalau Malaysia bertemu Indonesia pasti seru. Menurut kamu bagaimana, yakin enggak Indonesia menang?' Kami saling dukung saja siapapun yang main di timnas masing-masing," kata Saddil (TTF/ptr)