Jokowi Bercanda Ingin Tampil di MotoGP

CNN Indonesia | Selasa, 12/03/2019 10:59 WIB
Jokowi Bercanda Ingin Tampil di MotoGP Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, bercanda lewat akun resmi Instagram ingin tampil di ajang MotoGP. (Biro Setpres/Rusman)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), bercanda lewat akun resmi Instagram ingin tampil di ajang MotoGP.

Candaan itu dilontarkan Jokowi terkait kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah salah satu seri MotoGP 2021. Kota Mandalika Nusa Tenggara Barat rencananya jadi venue yang akan dipersiapkan dengan sirkuit jalan raya.

"Tiga sepeda motor balap terparkir di halaman Istana Bogor, kemarin [Senin]. Salah satunya yang hitam sangar ini, akan saya tunggangi di ajang balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat tahun 2021. Hehehe," tulis Jokowi melalui akun Instagramnya.


"Tentu saya hanya bercanda akan ikut balapan. Tapi pertandingan MotoGP, ajang balap motor bergengsi ini, benar-benar akan dilangsungkan di Indonesia dua tahun mendatang."

Jokowi pamer jenis motor yang ditaksir mencapai Rp9 miliar. (Jokowi pamer jenis motor yang ditaksir mencapai Rp9 miliar. (Foto: CNN Indonesia/Yuliyanna Fauzi)
Jokowi menegaskan, ia sudah menemui CEO Dorna Carmelo Ezpeleta di Istana Bogor untuk memastikan kesiapan Indonesia dalam hal pengorganisasian maupun infrastruktur.

Sebelumnya, pihak Indonesia diwakili Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Coporation (ITDC) Abdulbar Mansoer dan pihak Dorna telah melakukan penandatanganan kerja sama gelaran MotoGP di Indonesia.

"Indonesia sudah berpengalaman menggelar ajang olahraga internasional seperti Asian Games dan Asian Para Games beberapa waktu lalu yang sukses. MotoGP Indonesia 2021 akan menggunakan konsep berupa sirkuit jalanan di kawasan wisata Mandalika yang indah."

"Sirkuit ini segera kita siapkan berupa jalan raya yang dibangun dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata the Mandalika," ucap terang Jokowi melalui akun Instagramnya.

Motor sport hitam yang dipamerkan Jokowi di akun Instagramya merupakan motor balap versi jalanan yang digunakan Marc Marquez yaitu RC213V-S.

Motor tersebut ditaksir berharga sekitar Rp7 miliar - Rp9 miliar. RC213V-S pada dasarnya merupakan versi modifikasi dari motor RC213V yang ditunggangi Marquez dan Dani Pedrosa di MotoGP 2018.

RC213V-S sudah dilengkapi dengan lampu depan dan belakang, lampu sein, spidometer, klakson, standar samping, dan berbagai perlengkapan lain yang membuatnya bisa dibeli konsumen dan legal digunakan di jalanan.

[Gambas:Instagram] (bac/nva)