Pelatih Timnas Indonesia U-23 Tak Tahu Kualitas Ezra Walian

CNN Indonesia | Rabu, 13/03/2019 13:08 WIB
Pelatih Timnas Indonesia U-23 Tak Tahu Kualitas Ezra Walian Indra Sjafri belum pernah bekerja sama dengan Ezra Walian. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Timnas Indonesia U-23 Indra Sjafri mengaku tidak mengetahui kemampuan dan profil pemain naturalisasi Ezra Walian yang belum datang ke pelatnas jelang Kualifikasi Piala Asia U-23.

Hal itu diungkapkan Indra Sjafri usai memimpin latihan di Stadion Madya, Senayan, Rabu (13/3). Dari 30 nama yang dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan, tinggal dua pemain yang bakal segera bergabung, yakni Egy Maulana Vikri dan Ezra Walian.

"Ya, 80 persen kita sudah tahu nama, siapa yang akan kita bawa ke Vietnam nanti," kata Indra Sjafri.


Menurut jadwal, Egy yang berangkat dari Polandia bakal tiba di Jakarta pada Rabu (13/3) siang ini. Disusul Ezra dari Belanda yang kemungkinan menyusul pada sore hari.

Setelah dua pekan menjalani pemusatan latihan di Senayan, Jakarta, rencananya Timnas Indonesia U-23 bakal melanjutkan latihan di Bali sebelum bertolak ke Vietnam mengikuti Kualifikasi Piala Asia U-23 pada 22-26 Maret mendatang.

Pelatih Timnas Indonesia U-23 Tak Tahu Kualitas Ezra WalianEzra Walian ketika memperkuat Timnas Indonesia di SEA Games 2017. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Indra Sjafri belum bisa memastikan Ezra dan Egy juga bakal diboyong ke Bali. Terutama Ezra yang disebut pelatih berdarah Minang itu masih kesulitan untuk mendapatkan informasi mengenai gaya bermain pemain naturalisasi itu selama bergabung di RKC Waalwijk, klub Liga 2 Belanda.

"Ezra pemain yang saya belum pernah tahu sama sekali, tolong catat. Kedua, saya tentu berusaha mencari profile dia. Saya cari di bulan terakhir ini dia main di mana, kapan dia main, berapa menit dia main, saya belum menemukan," ujarnya.

Pelatih Timnas Indonesia U-23 Tak Tahu Kualitas Ezra Walian
Indra Sjafri menjelaskan sebenarnya ia berusaha memanggil Ezra mulai dari persiapan ke Piala AFF U-22 lalu. Tujuannya, supaya ia bisa mengetahui secara persis kondisi dan kemampuan Ezra.

Setelah resmi berstatus WNI pada 2017 lalu, Ezra pernah dipanggil Timnas Indonesia U-22 di masa kepelatihan Luis Milla. Ia melakukan debutnya di SEA Games 2017 Kuala Lumpur, Malaysia.

"Karena Piala AFF itu tujuan utama kita mencari pemain. Saya panggil lagi untuk di Kualifikasi Piala Asia, di awal saya panggil supaya lebih cepat dia datang."

"Jangan lagi ada pertanyaan nanti kenapa kok berbeda dengan Egy dan Saddil. Egy dan Saddil sudah tiga kali ikut dengan saya di beberapa turnamen dan saya tahu persis siapa Egy dan saya tahu siapa persis siapa Saddil. Jadi itu perbedaannya nanti, supaya ini nanti jangan jadi polemik kalau seandainya ada hal-hal yang tidak sesuai harapan," jelas Indra Sjafri. (ttf/bac)