6 Catatan Apik Usai Barcelona Menang Besar atas Lyon

CNN Indonesia | Kamis, 14/03/2019 07:39 WIB
6 Catatan Apik Usai Barcelona Menang Besar atas Lyon Barcelona menang besar atas Lyon dan memastikan langkah ke perempat final Liga Champions 2018/2019. (REUTERS/Juan Medina)
Jakarta, CNN Indonesia -- Beragam catatan mengiringi keberhasilan Barcelona mengalahkan Lyon 5-1 di Stadion Camp Nou, Kamis (14/3), sekaligus memastikan langkah ke babak perempat final Liga Champions 2018/2019.

Lionel Messi membuka kemenangan Barcelona melalui titik putih. Barca unggul 2-0 pada babak pertama usai Philippe Coutinho masuk dalam daftar pencetak gol. Lucas Tousart sempat memperkecil ketertinggalan Lyon sebelum Messi, Gerard Pique, dan Ousmane Dembele mencetak gol dalam kurun delapan menit.

Setelah leg pertama berakhir imbang tanpa gol, Barcelona memastikan kedudukan 5-1 sebagai skor agregat.


Berikut catatan-catatan kemenangan Barcelona atas Lyon yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Barcelona selalu melaju ke babak perempat final Liga Champions dalam 12 musim terakhir. Kegagalan Barcelona ke babak delapan besar untuk kali terakhir terjadi pada musim 2006/2007.

6 Fakta Usai Barcelona Menang Besar atas LyonPhilippe Coutinho masuk dalam daftar pencetak gol Barcelona ketika menjamu Lyon. (REUTERS/Susana Vera)
2. Barcelona tidak pernah kalah di Stadion Camp Nou dalam 30 laga terakhir di Liga Champions dengan rincian 27 kemenangan dan tiga kali seri.

Khusus dalam laga kandang melawan Lyon, Barcelona mencatatkan empat kemenangan dan 15 kali mencetak gol berbanding tiga kebobolan.

6 Fakta Usai Barcelona Menang Besar atas Lyon
3. Lionel Messi mencetak 62 gol dari 61 laga di Stadion Camp Nou. Dalam pertandingan melawan Lyon dini hari tadi, untuk kali pertama Messi mencetak dua gol dan dua assist di Liga Champions.

4. Ousmane Dembele selalu mencetak gol dalam empat laga terakhir Liga Champions yang berlangsung di Camp Nou.

5. Coutinho mencetak tujuh gol dalam 12 laga terakhir di Liga Champions untuk Barcelona dan Liverpool. Pemain asal Brasil itu pada awalnya selalu gagal mencetak gol dalam 15 laga kompetisi antarklub Eropa.

6. Gol Tousart ke gawang Barcelona merupakan gol ke-200 Lyon dalam kompetisi Liga Champions atau yang dulu bernama European Cup. Lyon tercatat sebagai klub asal Prancis pertama yang berhasil mencapai 200 gol. (nva/sry)