Klub Inggris Berpotensi Saling Sikut di Liga Champions

CNN Indonesia | Kamis, 14/03/2019 11:45 WIB
Klub Inggris Berpotensi Saling Sikut di Liga Champions Liverpool mengikuti jejak Tottenham Hotspur, Manchester United, dan Manchester City lolos ke perempat final Liga Champions. (REUTERS/Michael Dalder)
Jakarta, CNN Indonesia -- Empat wakil Inggris yaitu Tottenham Hotspur, Manchester United, Manchester City, dan Liverpool berhasil melangkah ke perempat final Liga Champions 2018/2019. Hasil ini membuat keempat tim tersebut berpotensi saling sikut di fase selanjutnya.

Tottenham dan Manchester United merupakan dua tim asal Inggris pertama yang melangkah dari babak 16 besar. Tottenham menyingkirkan Borussia Dortmund dengan agregat 4-0 usai menang 3-0 di kandang dan menang 1-0 saat tandang.

Sedangkan Manchester United harus berjuang keras untuk lolos dari adangan Paris Saint-Germain. Kalah 0-2 di Old Trafford, Setan Merah membuat keajaiban usai menang 3-1 di kandang lawan dan lolos berkat agregat gol tandang.


Sepekan berselang, Manchester City mengikuti jejak rival sekota mereka. Mengantongi kemenangan 3-2 atas Schalke di leg pertama, anak asuh Pep Guardiola mengamuk karena berhasil menang tujuh gol tanpa balas di Stadion Etihad. Agregat 10-2 juga menjadi rekor kemenangan bagi The Citizens di pentas Eropa.

Klub Inggris Berpotensi Saling Sikut di Liga Champions
Liverpool kemudian menggenapi empat wakil Inggris yang lolos ke perempat final pada Rabu (13/3) waktu setempat. Bermain tanpa gol 0-0 saat bermain di Anfield, Liverpool tampil luar biasa untuk menang 3-1 atas Die Roten di Allianz Arena.

Klub Inggris Berpotensi Saling Sikut di Liga ChampionsManchester City lolos dengan agregat meyakinkan 10-2 atas Schalke 04 di 16 besar Liga Champions. (REUTERS/Andrew Yates)
Keberadaan empat klub Inggris di perempat final mengulangi momen 10 tahun silam atau musim 2008/2009. Ketika itu, Manchester United, Arsenal, Chelsea, dan Liverpool sukses melangkah ke delapan besar.

Satu musim sebelumnya, wakil dari Negeri Ratu Elizabeth juga unjuk superioritas di fase gugur. Sama seperti musim 2008/2009, Manchester United, Liverpool, Arsenal, dan Chelsea lolos ke perempat final.

Hanya saja, potensi saling sikut wakil Inggris di perempat final Liga Champions sangat terbuka jelang undian perempat final Liga Champions di markas UEFA, di Nyon Swiss, Jumat (14/3). Hal ini dikarenakan tidak adanya larangan klub dari negara yang sama memasuki babak perempat final.

Di luar dominasi klub Inggris, empat tim lain di perempat final Liga Champions masing-masing diisi satu wakil dari Spanyol (Barcelona), Italia (Juventus), Portugal (FC Porto), dan Belanda (Ajax Amsterdam). (nva)