Kalahkan Wakil Taiwan, Rinov/Pitha ke Final Swiss Terbuka

CNN Indonesia | Minggu, 17/03/2019 03:22 WIB
Kalahkan Wakil Taiwan, Rinov/Pitha ke Final Swiss Terbuka Rinov Rivaldy bersama Pitha Mentari ke final Swiss Terbuka 2019. (CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ganda campuran Indonesia Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari sukses melaju ke final Swiss Terbuka 2019 usai mengalahkan wakil Taiwan, Ching Yao Lu/Chia Hsin Lee, 21-13, 19-21, dan 21-9.

Di set pertama, Rinov/Pitha terbilang tak terlalu menemui kesulitan menghadapi lawannya yang kerap melakukan kesalahan. Pasangan dari Indonesia tersebut menutup set itu dengan kemenangan 21-13.

Ganda campuran Taiwan itu baru memberikan perlawanan sengit pada gim kedua. Mereka bahkan tak memberikan kesempatan Rinov/Pitha memimpin poin.


Sempat menyamakan poin pada posisi 18-18 dan 19-19, Rivaldy/Mentari kemudian menyerah dengan skor 19-21.

Anthony Ginting gagal ke final Swiss Terbuka 2019. (Anthony Ginting gagal ke final Swiss Terbuka 2019. (Foto: Dok. Humas PBSI)
Dua ganda campuran muda dari Indonesia itu baru bangkit pada set ketiga. Rinov/Pitha bahkan tak memberikan 'angin' sedikit pun kepada Lu/Lee yang berusaha membalikkan keadaan.

Rinov/Pitha pun lebih mudah menaklukkan Lu/Lee pada set ketiga dengan serangan-serangan agresif mereka. Alhasil, Rivaldi/Menyari menutup set ketiga dengan kemenangan 21-9.

Ganda campuran Indonesia itu akan menghadapi wakil dari Denmark, Mathias Bay-Smidth/Rikke Soby di final Swiss Terbuka 2019. Smidth/Soby sukses ke final usai mengalahkan Lu Kai/Chen Lu di semifinal.

Rinov/Pitha sejauh ini menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang lolos ke final. Sebelumnya, tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting kalah dari Shi Yuqi dengan skor 21-9 dan 21-17 di semifinal Swiss Terbuka 2019.

Kalahkan Wakil Taiwan, Rinov/Pitha ke Final Swiss Terbuka
"Di game kedua, lawan mengubah pola main, lebih berani main no lob, sedangkan kami banyak salah sendiri. Game ketiga kami lebih siap, terutama adu no lob, ambil pelajaran dari game kedua," jelas Rinov soal pertandingan, dikutip dari situs PBSI.

"Dari awal kami yakin bisa menang, tadi game pertama udah enak mainnya. Tapi di game kedua mereka ubah pola, kami tidak siap. Pada game ketiga kami lebih fokus, kalau kehilangan satu poin, harus siap dapat satu poin lagi dan seterusnya," tambah Pitha.

Soal peluangnya menghadapi ganda campuran Denmark, Rinov bakal tetap waspada terhadap kekuatan Smidth/Soby.

"Biasanya pasangan Eropa tipe mainnya mirip-mirip, mereka banyak main di taktik. Bagaimanapun juga besok kami punya kans untuk juara, peluangnya 50-50," ujar Rinov. (bac/bac)