Calon Timnas Indonesia Sandy Walsh Cetak Gol di Liga Belgia

CNN Indonesia | Senin, 18/03/2019 11:44 WIB
Calon Timnas Indonesia Sandy Walsh Cetak Gol di Liga Belgia Sandy Walsh mencetak satu gol dari 21 pertandingan Liga Belgia musim ini. (REUTERS/Toussaint Kluiters)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bek Zulte Waregem keturunan Indonesia, Sandy Walsh, mencetak gol perdana musim ini di Liga Belgia saat bermain imbang 3-3 saat melawan Racing Genk di Stadion Regenboog, Belgia, Minggu (17/3) waktu setempat.

Sandy Walsh mencetak gol kedua Waregem yang menjadi inspirasi kebangkitan tuan rumah untuk meraih satu poin melawan pemuncak klasemen Liga Belgia. Bek 23 tahun ini mencetak gol lewat sundulan setelah menerima umpan silang Theo Bongonda pada menit ke-72.

Menariknya, Walsh baru masuk di babak kedua. Pelatih Francky Dury memasukkan Walsh di awal babak kedua menggantikan Marco Burki. Ini adalah gol pertama Walsh dari 21 pertandingan Jupier Pro League yang merupakan kasta teratas Liga Belgia.


Menjamu Genk, Waregem sempat unggul lebih dulu lewat tendangan penalti Hamdi Harbaoui pada menit ke-13. Genk kemudian menyamakan kedudukan lewat Ruslan Malinovskiy memanfaatkan assist Junya Ito pada menit ke-19.

Sandy Walsh sudah mengungkapkan keinginan memperkuat Timnas Indonesia.Sandy Walsh (kiri) sudah mengungkapkan keinginan memperkuat Timnas Indonesia. (VALERY HACHE / AFP)
Genk berhasil berbalik unggul 2-1 lewat tendangan Junya Ito pada menit ke-39. Gol tersebut sekaligus menutup babak pertama untuk keunggulan Genk. Di babak kedua, Genk terus memberikan tekanan kepada Waregem yang berbuah gol ketiga lewat Leandro Trossard pada menit ke-61.

Gol Walsh pada menit ke-72 kemudian membangkitkan semangat Waregem. Tuan rumah akhirnya mampu merebut satu poin setelah Harbaoui mencetak gol keduanya saat injury time babak kedua memanfaatkan kemelut yang terjadi di depan gawang Genk yang dijaga Daniel Vukovic.

Calon Timnas Indonesia Sandy Walsh Cetak Gol di Liga Belgia
Hasil imbang tersebut membuat Zulte Waregem meraih satu poin untuk naik ke peringkat 11 klasemen dengan raihan 33 poin. Sedangkan Genk tetap bertahan di puncak klasemen dengan 63 poin.

Walsh sendiri saat ini masih berjuang dengan rencananya untuk dinaturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dan memperkuat Timnas Indonesia. Rencananya, pemain 24 tahun ini bakal kembali berkunjung ke Indonesia akhir Mei mendatang. Ia dijadwalkan menyambangi Jakarta sebelum menghabiskan waktu liburan di Bali. (TTF/jun)