Profil Tiga Calon Lawan Timnas Indonesia U-23

CNN Indonesia | Kamis, 21/03/2019 06:04 WIB
Profil Tiga Calon Lawan Timnas Indonesia U-23 Timnas Indonesia U-23 berada satu grup dengan Vietnam, Thailand, dan Brunei Darussalam di Grup K Kualifikasi Piala Asia u-23 2020. (Dok. Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Indonesia U-23 menghuni Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 yang berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi, 22-26 Maret 2019. Tim Garuda Muda berada satu grup dengan tuan rumah Vietnam, Thailand, dan Brunei Darussalam.

Thailand dan Vietnam akan menjadi lawan sulit bagi skuat asuhan Indra Sjafri. Kedua tim ini bahkan berpotensi menjadi batu sandungan Tim Garuda Muda untuk lolos ke putaran final Piala Asia U-23 yang akan berlangsung di Thailand tahun depan.

Sedangkan Brunei tetap tidak boleh dianggap enteng oleh Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan. Apalagi kekuatan tim berjulukan Tebuan itu sulit diraba oleh tim-tim pesaing mereka yang membuat mereka berpotensi tampil mengejutkan.


Berikut profil singkat tiga calon lawan Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Thailand

Thailand bakal menjadi lawan pertama Timnas Indonesia U-23 di Grup K di Kualifikasi Piala Asia U-23 2020. Tak sekadar lawan pertama, Thailand juga diprediksi bakal menjadi lawan yang menyulitkan bagi Osvaldo Haay dan kawan-kawan untuk lolos dari fase grup.

Thailand menjadikan babak kualifikasi ini sebagai ajang pemanasan. Hal ini lantaran hasil di babak kualifikasi ini tidak berpengaruh untuk tim asuhan Alexandre Gama yang berstatus tuan rumah putaran final.

Profil Tiga Calon Lawan Timnas Indonesia U-23Supachai Jaided akan memperkuat Timnas Thailand U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2020. (REUTERS/Satish Kumar Subramani)
Meski menang 2-1 atas Thailand saat di final Piala AFF U-22, Timnas Indonesia U-23 pantang jemawa. Pasalnya, Tim Gajah Perang merombak skuat menghadapi kualifikasi Piala Asia U-23 2020 dengan menyisakan hanya enam pemain dari Piala AFF U-22.

Kesan tidak main-main pun terlihat dengan kehadiran empat pemain yang pernah mencicipi pengalaman bermain di timnas senior Thailand. Para pemain itu adalah adalah Kevin Deeromram, Anon Amornlerdsak, Supachok Sarachat, dan Supachai Jaided.

2. Vietnam

Selain Thailand, Vietnam juga digadang bakal menjadi lawan berat buat Timnas Indonesia U-23 untuk lolos ke Piala Asia 2020. Sebagai tuan rumah, Vietnam sudah pasti diuntungkan karena mendapatkan dukungan penuh dari publik mereka.

The Golden Stars tentu saja berambisi melanjutkan catatan gemilang mereka sejak tahun lalu. Seperti diketahui, mereka berhasil menjadi runner-up Piala Asia U-23 2018 dan lolos hingga semifinal di Asian Games 2018.

Di final Piala Asia U-23 2018 di China, Vietnam dikalahkan Uzbekistan 1-2 melalui babak tambahan waktu. Hasil itu membuat Vietnam menjadi satu-satunya negara dari Asia Tenggara yang pernah lolos ke final Piala Asia U-23.

Profil Tiga Calon Lawan Timnas Indonesia U-23 (FKS)Timnas Vietnam U-23 akan menjadi lawan yang sulit bagi Timnas Indonesia U-23. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Pelatih Park Hang-seo juga sangat serius menatap turnamen ini. Juru racik formasi asal Korea Selatan itu memasukkan tujuh pemain yang pernah membela timnas senior dalam skuat seleksi jelang tampil di kualifikasi Piala Asia U-23 2020.

Para pemain itu adalah Bui Tien Dung, Doan Van Hau, Ho Tan Tai, Nguyen Thanh Chung, Nguyen Quang Hai, Nguyen Tien Linh, dan Ha Duc Chinh.

Profil Tiga Calon Lawan Timnas Indonesia U-23 (FKS)
3. Brunei Darussalam

Dari tiga calon lawan Timnas Indonesia U-23 di Grup K kualifikasi Piala Asia U-23, Brunei menjadi yang paling mudah untuk ditaklukkan ketimbang dua lawan sebelumnya.

Meski begitu, Brunei juga tidak dapat dipandang sebelah mata. Kendati tanpa diperkuat Faiq Bolkiah, winger terkaya di dunia, Brunei tetap berpeluang membuat kejutan bagi tim-tim kuat di grup ini.

(TTF)