PSSI Minta Timnas Indonesia U-23 Menang Lawan Thailand

CNN Indonesia | Senin, 18/03/2019 19:59 WIB
PSSI Minta Timnas Indonesia U-23 Menang Lawan Thailand Timnas Indonesia U-23 diharapkan menang lawan Thailand di Kualifikasi Piala Asia U-23. (Dok. PSSI)
Jakarta, CNN Indonesia -- PSSI meminta Timnas Indonesia U-23 menang melawan Thailand dalam laga pertama Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 di Stadion Nasional My Dinh, Jumat (22/3).

Kemenangan itu diharapkan bisa membahagiakan pelatih Timnas Indonesia U-23 yang tidak puas dengan hasil laga uji coba jelang Kualifikasi Piala Asia U-23. Sebelumnya di final Piala AFF U-22 2019, Timnas Indonesia sukses mengalahkan Thailand 2-1.

Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria menyadari keluhan Indra Sjafri belum puas dengan uji coba skuat Merah Putih terakhir. Indra kecewa dengan perlawanan Bali United yang tidak memberikan kesulitan dan hanya menurunkan pemain lapis kedua.


"Kami tahu dengan waktu persiapan [Kualifikasi Piala Asia U-23 2020] mepet, tidak bisa lagi ada lawan tanding yang bersifat tim nasional. Karena pemulihan mepet, kami harus ambil lawan uji coba yang di domestik," ujar Tisha kepada CNNIndonesia.com pada Senin (18/3).

"Maka dari itu beliau belum puas wajar, kami harapkan Coach Indra akan puas dengan kemenangan pertama di Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 [lawan Thailand] nanti," ujarnya melanjutkan.

Timnas Indonesia U-22 mengalahkan Thailand 2-1 di final Piala AFF U-22.Timnas Indonesia U-22 mengalahkan Thailand 2-1 di final Piala AFF U-22. (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)
Salah satu aspek yang membuat PSSI berharap Timnas Indonesia U-23 menang lawan Vietnam adalah keberadaan trio pemain luar negeri Garuda Muda. Di mata Tisha, keberadaan penyerang Ezra Walian (RKC Waalwijk), gelandang Egy Maulana Vikri (Lechia Gdansk), dan Saddil Ramdani (Pahang FA) memberikan warna untuk Timnas Indonesia.

Ezra, Egy, dan Saddil juga dianggap tampil mengesankan saat uji coba dengan Bali United di Stadion I Wayan Dipta pada Minggu (17/3).

Dalam pertandingan tersebut, Timnas Indonesia U-23 menang dengan skor 3-0. Tiga gol itu dicetak Gian Zola Nasrullah (9'), Witan Sulaeman (54'), dan Ezra Walian (68').

PSSI Minta Timnas Indonesia U-23 Menang Lawan Thailand
"Optimistis Timnas Indonesia U-23 lebih baik dengan kehadiran tiga pemain tersebut, harus. Tapi antisipasi juga harus ada. Karena nanti di kualifikasi Piala Asia U-23 2020, materi Vietnam dan tim lainnya berbeda," kata Tisha.

"[Mereka] bertiga datang mewarnai permainan Timnas Indonesia U-23 yang semakin 'gila' dan menggigit di lini depan. Kami lihat perkembangannya cukup baik," katanya menambahkan.

Meski kekuatan Timnas Indonesia U-23 berkembang pesat, Tisha tidak ingin pelatih Indra Sjafri hanya mengandalkan beberapa pemain saja.

"Kelebihan Coach Indra itu berani rotasi. Karena di pertandingan, hal-hal yang tidak diinginkan bisa saja terjadi," ucap Tisha. (map/nva)