Gusti Randa, Dari Bintang Sinetron ke Plt Ketua Umum PSSI

CNN Indonesia | Selasa, 19/03/2019 15:05 WIB
Gusti Randa, Dari Bintang Sinetron ke Plt Ketua Umum PSSI Gusti Randa memiliki karier sebagai bintang film, pengacara, dan kini sebagai Plt. Ketua Umum PSSI. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gusti Randa ditunjuk menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PSSI menggantikan posisi Joko Driyono. Gusti memiliki perjalanan karier yang cukup panjang dan multi-profesi sebelum menjadi Plt Ketua Umum PSSI.

Pria 53 tahun itu memulai karier sebagai aktor. Sejumlah sinetron pernah dibintangi Gusti, dengan yang paling terkenal berjudul Siti Nurbaya. Dalam sinetron yang dirilis awal 1990an itu, Gusti berperan sebagai Samsul Bahri.

Selain Siti Nurbaya, setidaknya ada tiga judul sinetron yang pernah dibintangi Gusti, mulai dari Mahkota Mayangkara, Mahkota Majapahit, dan Singgasana Brama Kumbara. Gusti juga pernah menjajal kemampuan sebagai penyanyi, dengan lagu yang paling terkenal berjudul 'Ingin Kembali' ciptaan Youngky R.M.


Pada April 2002, Gusti memproduksi film berjudul Marsinah. Pada 2009, pria kelahiran Jakarta, 15 Agustus 1965 itu pernah mendapatkan tawaran untuk mempopulerkan futsal di Indonesia. Ia pun membentuk Persatuan Olahraga Futsal Indonesia (POFI) yang menjadi pintu masuknya ke PSSI.

Gusti Randa resmi menjadi Plt Ketua Umum PSSI.Gusti Randa resmi menjadi Plt Ketua Umum PSSI. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Gusti pernah masuk menjadi anggota tim verifikasi calon Ketua Umum PSSI pada awal 2011. Ia juga sempat dipercaya menjadi kuasa hukum PT. Persija Jaya Jakarta yang saat itu dipimpin Ferry Paulus.

Ketika dualisme terjadi di tubuh PSSI, Gusti menjadi salah satu orang yang berada di pihak KPSI (Komisi Penyelamat Sepak Bola Indonesia). Ia juga pernah menjadi Ketua Komisi Disipin KPSI kala itu pada 2010.

Gusti Randa, Dari Bintang Sinetron ke Plt Ketua Umum PSSI
Dari situ, Gusti berani maju menjadi calon Ketua Umum KPSI meski kalah telak dari La Nyalla Mattalitti di Kongres Luar Biasa. Setelah KPSI dibubarkan dan PSSI kembali beroperasi, ia sempat menjabat sebagai Departemen Hukum PSSI di masa kepemimpinan Djohar Arifin.

Meski mendapatkan protes, pada 2013 Gusti Randa terpilih sebagai Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI DKI Jakarta periode 2013-2017. Pada Kongres Luar Biasa Pemilihan Ketua Umum PSSI periode 2014-2019, nama Gusti Randa masuk susunan kepengurusan sebagai Komite Eksekutif PSSI bidang Hukum yang dikepalai Edy Rahmayadi.

Dari aktor, penyanyi, dan pengacara, kini Gusti menjelma sebagai seorang yang paling sibuk mengurus sepak bola Indonesia di PSSI. Setelah ditunjuk untuk menjabat Plt Komisaris operator kompetisi PT. Liga Indonesia Baru (LIB), kini ia juga ditunjuk untuk menjadi Plt Ketua Umum PSSI menggantikan Joko Driyono. (TTF/har)