Kurniawan DY: Piala AFF Cerita Masa Lalu Bagi Timnas U-23

CNN Indonesia | Selasa, 19/03/2019 21:19 WIB
Kurniawan DY: Piala AFF Cerita Masa Lalu Bagi Timnas U-23 Mayoritas pemain yang berlaga di Piala AFF U-22 akan tampil di Kualifikasi Piala Asia U-23. (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan striker Timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto optimistis Timnas Indonesia U-23 mampu lolos ke Piala Asia U-23 di Thailand 2020.

Timnas Indonesia U-23 tergabung di Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 bersama dengan Thailand, Vietnam dan Brunei Darussalam. Babak penyisihan grup bakal digelar di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam 22-26 Maret mendatang.

"Semua negara punya peluang yang sama. Sekalipun kita pernah mengalahkan Thailand di Piala AFF U-22 kemarin, tapi itu anggap sebagai cerita masa lalu. Jangan hasil itu dijadikan patokan. Optimistis harus dong, kerja keras wajib," kata Kurniawan melalui sambungan telepon kepada CNNIndonesia.com, Selasa (19/3).


Kurniawan memprediksi dua rival Tim Merah Putih, Vietnam dan Thailand sudah mempersiapkan tim dengan lebih matang. Gelar juara di Piala AFFU-22 diminta Kurniawan dijadikan modal untuk menghadapi persaingan di Vietnam nanti.

Kurniawan DY: Piala AFF Cerita Masa Lalu Bagi Timnas U-23Pemain Timnas Indonesia U-22 merayakan kemenangan di ajang Piala AFF U-22. (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)
Timnas Indonesia U-22 jadi juara setelah mengalahkan Thailand 2-1 di Stadion Olimpiade Phnom Penh, 26 Februari lalu. Sebelumnya, Osvaldo Haay dkk juga mengalahkan Vietnam 1-0 di babak semifinal.

"Bukan berarti karena sudah pernah mengalahkan mereka lalu saat di kualifikasi jadi gampang. Tetap harus kerja keras. Kemarin itu modal kepercayaan diri, tapi juga jangan jadi over confident."

Kurniawan DY: Piala AFF Cerita Masa Lalu Bagi Timnas U-23
"Intinya kalau saya pribadi pengalaman sebagai pemain, saya tidak pernah bilang lawan berat. Tapi anggap semua pertandingan itu final jadi tetap harus berjuang 100 persen," terang sosok yang saat masih menjadi pemain mendapat julukan 'Si Kurus'.

Thailand bakal menjadi lawan pertama Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23. Tim Gajah Perang dipastikan bakal tampil di Piala Asia U-23 dengan status sebagai tuan rumah.

Sementara Vietnam yang jadi lawan kedua Garuda Muda menjadi lawan tangguh setelah tampil sebagai runner-up di Piala Asia U-23 2018. Pada laga terakhir, Andy Setyo Nugroho dan kawan-kawan akan bertemu dengan Brunei Darussalam.

Jika lolos dari fase Grup K, Timnas Indonesia U-23 bakal tampil di Piala Asia U-23 di Thailand pada 8-26 Januari 2020. Empat tim terbaik di Piala Asia U-23 juga bakal mendapatkan tiket ke Olimpiade Tokyo, 24 Juli - 9 Agustus 2020. (nva/sry)