Indonesia Satu Grup dengan Denmark di Piala Sudirman 2019

CNN Indonesia | Selasa, 19/03/2019 18:33 WIB
Indonesia Satu Grup dengan Denmark di Piala Sudirman 2019 Anthony Sinisuka Ginting berpotensi tampil di Piala Sudirman 2019. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tim bulutangkis Indonesia akan berada satu grup dengan Denmark dan Inggris dalam kejuaraan beregu campuran Piala Sudirman 2019 yang akan berlangsung 19-26 Mei di Nanning, China.

Hasil pengundian Piala Sudirman yang berlangsung Selasa (19/3) menempatkan Indonesia, yang menjadi unggulan ketiga pada Piala Sudirman 2019, dengan Denmark dan Inggris dalam Grup 1B.

Sebanyak 32 negara akan ikut serta dalam perhelatan Piala Sudirman tahun ini, namun hanya 12 negara dengan peringkat teratas saja yang dapat memperebutkan trofi dalam kejuaraan berformat campuran yang digelar dua tahunan sejak 1989.


Jepang yang merupakan unggulan pertama dalam turnamen ini berada di Grup 1A bersama dengan Thailand, dan Rusia. Sementara China yang menempati unggulan kedua ada di Grup 1D dengan India dan Malaysia. Sedangkan unggulan keempat, Taiwan, akan bersaing dengan juara bertahan Korea Selatan dan Hong Kong di Grup 1C.

Indonesia Satu Grup dengan Denmark di Piala Sudirman 2019Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Dua negara teratas dari tiap-tiap grup berhak melaju ke fase gugur. Belum diketahui lawan yang akan dihadapi juara dan runner up dari masing-masing grup, karena bagan perempat final belum dibuat dan pengundian babak perempat final akan dilangsungkan setelah fase grup usai.

Indonesia baru sekali meraih gelar Piala Sudirman, yakni pada perhelatan perdana yang digelar tahun 1989. Setelah itu Indonesia tercatat enam kali masuk final dan selalu kandas di partai puncak. Bahkan sejak 2009, tim Merah Putih mengalami kegagalan melaju ke partai pamungkas.

Indonesia Satu Grup dengan Denmark di Piala Sudirman 2019
Dua tahun lalu di Australia, Indonesia mengalami salah satu kegagalan terburuk di Piala Sudirman ketika gagal lolos dari fase grup yang dihuni India dan Denmark. Ketika itu Tontowi Ahmad dan kawan-kawan kalah 1-4 dari India dan menang 3-2 dari Denmark.

Hasil Undian Piala Sudirman 2019

Grup 1

Grup 1A: Jepang, Thailand, Rusia
Grup 1B: Indonesia, Denmark, Inggris
Grup 1C: Chinese Taipei, Korea Selatan, Hong Kong
Grup 1D: China, India, Malaysia

Grup 2

Grup 2A: Belanda, Prancis, Amerika Serikat, Vietnam
Grup 2B: Jerman, Kanada, Singapura, Israel

Grup 3
Grup 3A: Irlandia, Australia, Selandia Baru, Nepal
Grup 3B: Swiss, Sri Lanka, Slowania, Lithuania

Grup 4

Makau
Kazakhstan
Greenland (nva/sry)