Kontingen SOIna Tambah Emas dari Atletik di World Games 2019

CNN Indonesia | Selasa, 19/03/2019 22:00 WIB
Kontingen SOIna Tambah Emas dari Atletik di World Games 2019 Atlet Special Olympics Indonesia meraih medali di ajang Special Olympic World Games. (Dok. SOIna)
Jakarta, CNN Indonesia -- Cabang olahraga atletik menambah perolehan medali emas untuk kontingen Special Olympics Indonesia (SOIna) dalam ajang Special Olympics World Games 2019 di Uni Emirat Arab.

Total, kontingen Indonesia hingga kini mengumpulkan empat medali emas, empat medali perak dan dua perunggu.

Medali emas tambahan atletik dipersembahkan Muhammad Ihsan yang turun di nomor lompat jauh. Ihsan, yang masuk dalam divisi 3 melakukan lompatan sejauh 4,65 meter dan unggul 0,5 meter dari Ivan Georgiev Vezyuz asal Bulgaria pada pertandingan yang digelar di Dubai Police Club Stadium, Selasa (19/3) pagi.


"Perkembangan Ihsan mulai dari kedatangan dari daerah sampai di pelatnas banyak peningkatan terutama di sisi prestasi dan disiplin saat latihan. Semoga untuk nomor berikutnya, Ihsan bisa kembali mendapat medali emas," kata Fauzan, pelatih atletik SOIna dikutip rilis resmi yang diterima CNNIndonesia.com.

Lanjut Fauzan, Ihsan memang diandalkan untuk memimpin dan menjaga tim atletik di persaingan World Games 2019. Meskipun saat awal masuk pelatnas, Ihsan sempat mengalami masalah karena dia baru saja sembuh dari DBD (Demam Berdarah Dengue) sehingga kondisi fisiknya tidak bugar.

Kontingen SOIna Tambah Emas dari Atletik di World Games 2019 Kontingen Special Olympics Indonesia meraih medali di ajang internasional. (Dok. SOIna)
Butuh perlakuan khusus untuk mengembalikan kondisi fisik Ihsan supaya bisa tampil prima di Special Olympic World Games 2019.

"Makan dan istirahat yang cukup, itu yang saya terapkan untuk Ihsan. Alhamdulillah, dia selalu patuh dengan arahan dari pelatih dan kami pastinya memberikan arahan yang terbaik untuknya," ujarnya.

Emas Ihsan membuat atletik menyumbangkan dua medali emas. Satu medali emas sebelumnya dipersembahkan Kadek Firma Kharisma Yanti di nomor 100 meter.

Kontingen SOIna Tambah Emas dari Atletik di World Games 2019
Sedangkan tiga medali perak atletik disumbangkan Firma di nomor lompat tinggi, Williems Johanes Doroh dan Zalwa Devaningtyas mendapat medali perak di nomor 200 meter dan 100 meter.

Kontingen SOIna masih berpeluang untuk menambah medali saat Ihsan dan Williem kembali tampil di nomor 100 meter putra pada divisi yang berbeda serta di nomor lompat jauh putri atas nama Zalwa. Selain itu, peluang juga terbuka dari nomor estafet 4x100 meter yang mengombinasikan dua atlet putra dan dua atlet putri.

Sebelumnya, tim bulutangkis lebih dulu menyumbangkan dua medali emas dari nomor tunggal putra dan tunggal putri. Riswida Wijayanto menjuarai divisi 1 grup A putra, sementara atlet asal SOIna Riau, Jennika, menjadi yang terbaik di divisi 1 grup B putri.

Hingga Selasa (19/3) siang waktu setempat, kontingen SOIna sudah mengoleksi total empat medali emas, empat perak, dua perunggu, empat pita peringkat empat, dan dua pita peringkat lima. Di World Games, seluruh atlet yang berkompetisi mendapat penghargaan karena partisipasi menjadi hal utama di Special Olympics (TTF)


ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA