Ketua Viking Kaget Gusti Randa Jadi Plt Ketua Umum PSSI

CNN Indonesia | Rabu, 20/03/2019 09:53 WIB
Ketua Viking Kaget Gusti Randa Jadi Plt Ketua Umum PSSI Ketua Umum Viking Persib Club Herru Joko menilai pemerintah harus intens mengawasi PSSI setelah penunjukkan Gusti Randa sebagai Plt. ketua umum PSSI. (CNN Indonesia/ M. Arby Rahmat)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Viking Persib Club Herru Joko mengaku kaget Gusti Randa ditunjuk menjadi Pelaksana Tugas Ketua Umum PSSI menggantikan Joko Driyono.

Gusti menempati posisi tersebut setelah menerima Surat Keputusan (SK) dari Joko Driyono dengan dua penugasan. Pertama, sebagai Plt. ketua umum PSSI ia perlu menjalankan pekerjaan di lembaga tertinggi sepak bola Indonesia itu dan kedua melakukan langkah-langkah menuju Kongres Luar Biasa PSSI.

"Kaget ya. Ya berarti tugas pemerintah tambah lagi. [Pemerintah] harus lebih mengawasi [PSSI] lagi ya, karena masyarakat inginnya revolusi [PSSI] sekalian. Kalau masih ada 'kroni-kroni' yang dulu, [sepak bola] Indonesia susah [maju]," ucap Herru kepada CNNIndonesia.com.


"Sepak bola itu hiburan yang keren sekali, harusnya diolah dengan hati dan memberi Indonesia harapan dari sepak bola. Jadi yang mengurus harus kompeten," katanya menambahkan.

Gusti Randa menggantikan peran Joko Driyono karena mantan CEO PT Liga Indonesia itu menjadi tersangka kasus perusakan tempat kejadian perkara dan barang bukti tindak pidana dugaan pengaturan skor.

Joko Driyono sendiri baru satu bulan menempati jabatan Plt. ketua umum PSSI usai pengunduran diri Edy Rahmayadi di Kongres Tahunan PSSI di Bali, Januari lalu.

Kini, Gusti punya sejumlah tugas yang harus ditanggung, yakni mempersiapkan Kongres Luar Biasa (KLB) dan kompetisi Liga 1 2019. Kedua agenda ini akan digelar setelah Pemilihan Presiden 2019 rampung.

Ketua Viking Kaget Gusti Randa Jadi Plt Ketua Umum PSSIGusti Randa ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas Ketua Umum PSSI oleh Joko Driyono.(CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Selain itu, Gusti Randa juga mesti memastikan kelancaran administrasi Timnas Indonesia U-23 yang akan berlaga di Kualifikasi Piala Asia U-23 2020. Pagelaran ini bakal digelar di Vietnam mulai 22 Maret mendatang.

Persija dan Madura United Tunggu Kiprah Gusti Randa

CEO Persija Jakarta Ferry Paulus dan manajer Madura United Haruna Soemitro mendukung penunjukkan Gusti Randa sebagai Plt ketum PSSI. Menurut keduanya penunjukkan Gusti Randa bagus agar semua aspek terkait organisasi tertinggi sepak bola di tanah air bisa tetap berjalan dengan baik.

"Saya juga nggak terkejut. Artinya memang PSSI ini harus berjalan dengan baik. Saya tidak tahu latar belakangnya apa sehingga memilih Gusti Randa, mungkin juga karena Jokdri ada masalah sehingga harus ada yang menjalankan roda organisasi. Buat saya, kalau itu memang mekanisme yang ada di rapat exco, ya sah-sah saja," ucap Ferry.

Ketua Viking Kaget Gusti Randa Jadi Plt Ketua Umum PSSI
Ferry pun berharap kegiatan PSSI tidak ada yang terhambat di bawah kepemimpinan Gusti.

"Ya pengganti [Joko] itu untuk memperlancar. Tapi kalau kaca mata klub, baik-baik aja. Artinya akan menambah licinnya roda organisasi," katanya menambahkan.

Senada dengan Ferry, Haruna menilai penunjukkan Gusti Randa murni kewenangan Joko yang tidak bisa diintervensi siapapun. Haruna mengatakan klub-klub harus menghormati kewenangan tersebut lantaran Joko berstatus tersangka dalam kasus perusakan barang bukti di Kantor Komisi Disiplin, beberapa waktu lalu.

"Di tahun politik seperti ini, [sepak bola Indonesia] akan menghadapi situasi yang perlu benar-benar fokus. Sehingga penunjukkan Gusti Randa sudah tepat dari konteks kewenangan dari Joko," ucap Haruna.

Haruna juga menyampaikan penugasan Joko terhadap Gusti Randa untuk menjalankan tugas sebagai Plt. ketum PSSI tidak melanggar statuta PSSI.

"Ini persoalan penugasan saja. Dalam hal ini, Joko tidak mengundurkan diri [dari PSSI] dan ingin fokus," ucapnya melanjutkan. (map/jal)