Jelang Lawan Myanmar, Timnas Indonesia Serius Tapi Santai

CNN Indonesia | Kamis, 21/03/2019 21:31 WIB
Jelang Lawan Myanmar, Timnas Indonesia Serius Tapi Santai Timnas Indonesia menjalani latihan di Stadion Madya, Kamis (21/3). (CNN Indonesia/M. Arby Rahmat Putratama H)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Timnas Indonesia Simon McMenemy terkesan dengan kedisiplinan para pemain skuat Merah Putih yang sedang menjalani pemusatan latihan.

McMenemy menyampaikan apresiasi kepada Evan Dimas dan kawan-kawan ketika bertemu dengan para awak media usai latihan di Stadion Madya, Gelora Bung Karno (GBK) pada Kamis (21/3). Pelatih asal Skotlandia itu pun menilai latihan berlangsung dengan menyenangkan.

"Anda bisa melihat para pemain semakin kompak, perasaan mereka satu dengan yang lain pun baik. Hari ini latihan untuk memulihkan fisik setelah lawan Bali United, jadi hari ini kami ingin sesi latihan yang ringan karena kami ingin mereka menyatu," kata McMenemy.


Timnas Indonesia kembali latihan di Stadion Madya setelah menjalani pemusatan latihan di Australia. Sebelum balik ke Jakarta, skuat Merah Putih sempat bertanding lawan Bali United di Stadion I Wayan Dipta pada Rabu (20/3). Di pertandingan tersebut, Evan Dimas dan kawan-kawan imbang dengan skor 1-1.

Jelang Lawan Myanmar, Timnas Indonesia Latihan Serius SantaiRiko Simanjuntak dan Novri Setiawan berlatih jelang laga uji tanding Timnas Indonesia menghadapi timnas Myanmar. (CNN Indonesia/M. Arby Rahmat Putratama H)
"Tidak ada yang tahu apa yang terjadi di lapangan, kami hanya fokus berlatih. Saya kagum dengan perilaku dan disiplin para pemain yang sangat baik. Saya pikir pemusatan latihan kemarin sangat positif," ucap McMenemy.

"Saya respek dengan pekerjaan teman-teman media, tetapi saya pikir sesekali kami boleh membawa para pemain ke tempat yang jauh dari media tanpa harus memikirkan wawancara dan sebagainya. Di sana kami berlatih teknik dan taktik, sangat bagus," ucapnya menambahkan.

Lebih lanjut, McMenemy mengatakan banyak belajar dari pertandingan lawan Bali United.

Jelang Lawan Myanmar, Timnas Indonesia Latihan Serius Santai
"Saya tidak peduli dengan hasil [imbang 1-1]. Yang saya pikirkan hanya hasil melawan Myanmar, itu saja. Saya tidak peduli apa yang terjadi di Bali," ujar dia.

"Yang penting adalah kami mendapat informasi yang cukup tentang pemain kami, dan kami mendapat masukan juga dari pemain tentang permainan mereka. Semua yang kami lakukan adalah persiapan untuk lawan Myanmar, sejak dari Australia. Penting bagi saya untuk mengerti setiap pemain," ujarnya melanjutkan.

Canda Tetap Terlihat di Antara Pemain

Kebersamaan para pemain Timnas Indonesia juga terlihat makin hangat dengan canda yang terjadi di antara mereka.

Sebelum masuk ke menu utama latihan yakni eksekusi sepak pojok, McMenemy memanfaatkan waktu pemanasan dengan variasi permainan kecil. Salah satunya adalah mini sepak takraw.

Dalam sebuah kesempatan terlihat Greg Nwokolo membuat Riko Simanjuntak sebagai bahan lelucon. Namun Riko tidak lantas membawa perasaan dalam gurauan tersebut.

"Ya semua di sini harus senang ya biar tidak tegang juga, karena semua di sini sudah seperti keluarga. Bisa di lihat kan semua tertawa, berarti sudah tahu masing-masing karakternya bagaimana," ucap Riko. (nva/jun)