Gusti Randa Bantah PSSI 'Bobol' Soal Kasus Ezra Walian

CNN Indonesia | Jumat, 22/03/2019 17:24 WIB
Gusti Randa Bantah PSSI 'Bobol' Soal Kasus Ezra Walian Ezra Walian tidak bisa memperkuat Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2020. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Jakarta, CNN Indonesia -- Plt Ketua Umum PSSI Gusti Randa berprasangka baik terhadap larangan bermain penyerang Timnas Indonesia U-23 Ezra Walian pada Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 di Vietnam.

Ezra tidak bisa membela Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 diduga karena aduan dari Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF). Pemain RKC Waalwijk ini tidak bisa memperkuat Timnas Indonesia U-23 karena tak memenuhi persyaratan FIFA.

Penampilan Ezra bersama timnas Belanda U-17 pada 2013 membuat FIFA dan AFC melarang Ezra tampil untuk Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-23 2020.


"Ya, ini saya kira kami berprasangka baik dulu. Bahwa keputusan FIFA tidak bolehnya Ezra bermain itu dengan alasan dia memperkuat U-17 Belanda. Setidaknya masih bisa kami klarifikasi karena Ezra itu sudah orang Indonesia," kata Gusti kepada CNNIndonesia.com pada Jumat (22/3).

Status Ezra Walian yang pernah bermain untuk timnas Belanda U-17 dipermasalahkan.Status Ezra Walian yang pernah bermain untuk timnas Belanda U-17 dipermasalahkan. (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)
"Diberikan saja ruang kepada kesekjenan PSSI untuk mengklarifikasi kepada FIFA: Kenapa ada yang seperti ini? Ini urusannya sebenarnya komunikasi saja," katanya menambahkan.

Gusti membantah anggapan PSSI 'bobol' dalam menaati prosedur untuk bermain di Kualifikasi Piala Asia U-23 2020.

Gusti Randa Bantah PSSI 'Bobol' Soal Kasus Ezra Walian
"Tidak [bobol], karena kami menganggap sudah beres semuanya. Kecuali kalau kami tidak urus. Kami sudah urus, buktinya ketika sama Luis Milla, Ezra main sama Timnas Indonesia juga," ucap Gusti.

"AFC sudah menerima dengan baik berkas Timnas Indonesia. Kalau tidak, kami tidak bisa main. Tapi tiba-tiba ada surat dari Vietnam ke FIFA, kami berprasangka baik saja. Ini [masalah] komunikasi, kami akan komunikasikan kembali: Apa, kenapa, dan bagaimana masalahnya," sambung Gusti.

Ezra dipastikan tidak bisa memperkuat Timnas Indonesia U-23 pada tiga laga Grup K melawan Thailand, Vietnam, dan Brunei Darussalam. Laga pertama Timnas Indonesia U-23 vs Thailand akan digelar sore ini di Stadion My Dinh, Hanoi, mulai pukul 17.00 WIB.

[Gambas:Video CNN] (map/nva)