Akun Instagram Charyl Chappuis Diserbu Netizen Indonesia

CNN Indonesia | Jumat, 22/03/2019 16:38 WIB
Akun Instagram Charyl Chappuis Diserbu Netizen Indonesia Gelandang timnas Thailand, Charyl Chappuis, turut bersimpati untuk masalah yang dialami Ezra Walian. (CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)
Jakarta, CNN Indonesia -- Akun Instagram gelandang timnas Thailand Charyl Chappuis, @7charyl, diserbu netizen Indonesia karena mengunggah simpati untuk striker RKC Waalwijk Ezra Walian.

Netizen Indonesia menumpahkan kekesalan setelah Ezra tidak bisa memperkuat Timnas Indonesia di kualifikasi Piala Asia U-23 2020. Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) diduga mendapat aduan dari Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) terkait Ezra yang pernah tampil bersama timnas Belanda U-17.

Di sisi lain, Chappuis pernah mengalami masalah seperti yang dialami Ezra. Sebelum memperkuat Thailand dari level U-23 hingga senior, Chappuis pernah tercatat sebagai anggota timnas Swiss U-17.


Chappuis baru mendapatkan paspor Thailand tahun 2013 ketika pindah dari Eropa ke Buriram United. Ketika dipanggil timnas Thailand tahun 2015, Chappuis tidak bisa bermain karena Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) belum melaporkan dokumen soal perubahan status warga negara maupun surat dari Federasi Sepak Bola Swiss (ASF-SFV).

Chappuis pun turut bersimpati atas masalah yang dialami Ezra lewat foto berita pemain kelahiran Amsterdam yang dia unggah di akun Instagram pada Jumat (22/3).

Akun Instagram Charyl Chappuis Diserbu Netizen IndonesiaEzra Walian mendapatkan dukungan dari gelandang timnas Thailand, Charyl Chappuis. (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)
"Saya sangat prihatin kepada kamu [Ezra] setelah mendengar kabar bahwa kamu akan melewatkan turnamen ini. Akan tetapi saya yakin jika federasi [PSSI] mempersiapkan seluruh dokumen dengan tepat, kamu akan bermain untuk Indonesia. Saya berharap yang terbaik untuk pertandingan Thailand melawan Indonesia," tulis Chappuis dalam judul foto tersebut.

Unggahan Chappuis itu direspons netizen Indonesia yang tidak bisa menerima keputusan Konfederasi Piala Asia (AFC) dan menumpahkan kekesalan mereka di kolom komentar @7charyl. Hingga berita ini dibuat, foto Ezra di Instagram Chappuis sudah disukai hampir 10 ribu akun dengan kurang lebih 844 komentar.

Sebagian komentar menyalahkan PSSI atas kejadian ini.

Akun Instagram Charyl Chappuis Diserbu Netizen Indonesia
"Oh jadi federasinya [PSSI] nih yang salah?" kata akun @pengamatsepakbola .

"Ketahuan kan, ini semua gara-gara PSSI. Kehidupan orang ibarat berakhir di tangan Anda. Astaga," ucap akun yang lain, @fajrisl .

Kendati demikian, ada juga yang mengapresiasi simpati dari Chappuis kepada Ezra.

"Terima kasih, Charly. Mungkin federasi kami [PSSI] melakukan kesalahan karena tidak memberikan dokumen lengkap yang FIFA butuhkan. Jadi, semoga Ezra bisa bermain lagi di masa depan untuk Indonesia. Saya akan sangat senang jika ini terwujud," ujar akun @aguzcung .

"Sangat respek kepada Charyl Chappius karena Anda juga peduli kepada pemain kami, Ezra Walian. Dan Anda juga punya pengalaman yang sama seperti Ezra. Tapi Anda bisa bermain dengan Thailand, sementara Ezra tidak," tutur akun @ponansyah. (map/jal)