LAPORAN DARI VIETNAM

Respons Pemain Timnas Indonesia U-23 Usai Dibantai Thailand

CNN Indonesia | Jumat, 22/03/2019 20:17 WIB
Respons Pemain Timnas Indonesia U-23 Usai Dibantai Thailand Bek Timnas Indonesia U-23 Asnawi Mangkualam menilai Garuda Muda tidak tampil dalam performa terbaik saat kalah telak dari Thailand. (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)_
Hanoi, CNN Indonesia -- Bek Timnas Indonesia U-23, Asnawi Mangkualam, mengaku ia dan rekan-rekan setimnya tampil tidak dalam performa terbaik saat takluk 0-4 dari timnas Thailand pada laga perdana Grup K kualifikasi Piala Asia U-23 2020 di Stadion My Dinh, Hanoi, Jumat (22/3).

Gawang Timnas Indonesia U-23 empat kali dibobol Thailand di laga ini. Dua gol disumbangkan Supachai Jaided, plus masing-masing satu gol dari Shinnaphat Leeaoh dan Supachok Sarachat.


"Hari ini kami berada di bawah performa, semua tim, semua pemain. Saya kira permainan kami tidak seperti biasanya," ucap Asnawi kepada awak media usai pertandingan.


Pemain PSM Makassar itu juga mengaku perubahan besar skuat Thailand dibandingkan Piala AFF U-22 2018 di laga ini bukan penyebab utama kekalahan telak Garuda Muda. Thailand hanya menurunkan dua pemain alumnus Piala AFF U-22 2018, Saringkan Prosumpha dan Sakunchai Saengthopo, sebagai starter.

Timnas Indonesia U-23 takluk 0-4 dari Thailand pada laga perdana kualifikasi Piala Asia U-23 2020. (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)
"Saya kira itu tidak masalah. Mungkin, saya kira kami kurang siap di menit-menit awal dan kebobolan," kata Asnawi.

Gelandang Timnas Indonesia U-23, Witan Sulaeman, juga mengamini pernyataan Asnawi. Ketidaksiapan seluruh pemain pada menit-menit awal berhasil dimanfaatkan tim asuhan Alexandre Gama.

"Kami kurang fokus di menit awal dan kurang fokus di menit-menit akhir. Saya juga merasa gol pertama tidak pelanggaran [gol Thailand dari tendangan bebas], tapi wasit bilang pelanggaran," tukas Witan.

Kekalahan ini membuat Timnas Indonesia U-23 wajib meraih kemenangan atas Vietnam pada laga kedua Grup K, Minggu (24/3). Pasalnya, hanya kemenangan yang bisa membuka peluang Asnawi dkk untuk lolos ke putaran final.

"Tujuan kami dapat poin di pertandingan nanti. Lebih konsentrasi lagi karena kami tahu hari ini kami tidak mendapat poin dan pertandingan nanti sangat penting untuk lolos ke babak selanjutnya," (jal/nva)